PENGARUH KAPASITAS TRANSFORMATOR DAYA DAN JARAK ARRESTER TERHADAP NILAI TEGANGAN PERCIK ARRESTER

Rahmad Septiaji, NIM. 132017070 (2021) PENGARUH KAPASITAS TRANSFORMATOR DAYA DAN JARAK ARRESTER TERHADAP NILAI TEGANGAN PERCIK ARRESTER. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017070_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017070_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan setiap gardu induk untuk menahan surja petir dan tegangan lebih mempengaruhi distribusi daya sistem tenaga. Untuk membuat operasi terbaik dari gardu induk, perlu dipasang Arrester yang digunakan untuk melindungi trafo di setiap gardu induk dari tegangan lebih yang disebabkan oleh surja petir. Pada penelitian ini pengaruh kapasitas terhadap jarak penempatan Arrester dibahas trafo 30 MVA dan 60 MVA. Metode optimasi Lagrange digunakan untuk menentukan jarak optimum Arrester dengan trafo daya. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pada trafo berkapasitas 60 MVA, tegangan percik Arrester terjadi pada t = 20 mikrodetik dengan penurunan tegangan sebesar 390,49 kV. Sedangkan pada trafo berkapasitas 30 MVA waktu percik Arrester pada t = 13,9 mikrodetik dengan penurunan tegangan sebesar 266,3 kV. Hal ini menunjukkan kapasitas trafo mempengaruhi besaran tegangan percik Arrester dan waktu perciknya. Dengan demikian semakin kecil kapasitas trafo maka waktu percik Arrester akan semakin kecil begitu juga dengan besar penurunan tegangannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Wiwin A. Oktaviani S.T., M.Sc 2. Taufik Barlian S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Arrester, Matlab, Tegangan percik, dan Transformator, Metode Lagrange.
Subjects: Elektro > Transfomator
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:40
Last Modified: 24 Sep 2021 03:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.