RANCANG BANGUN MONITORING IOT PADA AERATOR BERBASIS TENAGA SURYA DI TAMBAK UDANG WACHYUNI MANDIRA

M. Aidil Dwiansyah, 132017161 (2021) RANCANG BANGUN MONITORING IOT PADA AERATOR BERBASIS TENAGA SURYA DI TAMBAK UDANG WACHYUNI MANDIRA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017161_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017161_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Udang merupakan salah satu primadona ekspor indonesia andalan dari sektor perikanan yang perlu ditingkatkan baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2015 ekspor udang mencapai 145.077,9 ton.Rendahnya kualitas air tambak dapat menjadi pendorong berkembangnya penyakit patogen yang menyebabkan kematian udang. Penggunaan aerator sebagai upaya memperbaiki kualitas dan kuantitas panen yang digunakan oleh petani tambak saatini pada umumnya masih menggunakan sistem manual, dimanapengoperasian aerator masih berdasarkan pengalaman bukan dari kualitas oksigen terlarut dalam tambak yang dibutuhkan oleh ikan atau udang pada tambak tersebut. Dalam penelitian ini, pengaplikasian aerator untuk meningkatkan kualitas oksigen terlarut baik secara mutu dan jumlahnya, dilengkapi dengan metode IoT (Internet of things)yang bisa memerintahkan kepada aerator untuk beroperasi sesuai dengan yang diinginkan dengan menggunakan smartphone.Komponen yang digunakan pada alat ini terdiri panel solar cell sebagai pembangkit energy listrik terbarukan, solar charge controller (SCC), Baterai, Power Inverter DC-to AC, Pompa Aerator, dan ESP8266 WiFi. Dalam kegiatan pengambilan data tersebut dalam keadaan cuaca fluktuatif yaitu dari kondisi cerah ke berawan, mendung hingga hujan. Khusus saat kondisi hujan, pengambilan data dijeda karena kondisi pengujian tidak memungkinkan sehingga menghasilkan pembacaan data arus 0 ampere.Dari data pencatatan hasil logger dapat diketahui bahwa nilai arus tertinggi yang mampu diserap melalui panel surya adalah sebesar 2.40 Ampere didapatkan pada hari ke 3 pengujian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yosi Apriani, S.T., M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Solar Cell, Pompa Aerator, dan ESP8266 WiFi, IoT.
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Kapasitor
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:11
Last Modified: 24 Sep 2021 03:11
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.