RANCANG BANGUN ALAT MONITORING pH PADA AIR TANAH BERBASIS ARDUINO DI DESA PANDAN ARANG KABUPATEN OGAN ILIR

SALMAN AL-FARISI, 132017001 (2021) RANCANG BANGUN ALAT MONITORING pH PADA AIR TANAH BERBASIS ARDUINO DI DESA PANDAN ARANG KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mengukur pH (Power of Hydrogen) pada air adalah hal yang penting dilakukan untuk mengidentifikasi layak tidaknya air untuk kebutuhan masyarakat . pH adalah derajat keasaman yang digunakan untuk menyatakan tingkat keasaman atau kebasaan yang dimiliki oleh air yang diukur dengan skala 0 sampai 14. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat monitoring pH pada air yang metode pelaksanaannya memiliki 5 tahapan yaitu 1). Survei parameter yang diteliti 2). Menentukan komponen yang akan digunakan dalam penelitian 3). Perancangan komponen sesuai dengan urutan fungsi setiap komponen 4). Menprogram pengolahan data 5). Melakukan pengujian alat. Diharapkan dengan adanya alat monitoring pH air ini agar dapat dideteksi kandungan pH pada air tanah di desa Pandan Arang. Hasil analisa waktu yang dibutuhkan untuk sensor bekerja dengan stabil selama 3 sampai 4 detik. Terdapat perbedaan hasil dari nilai sebelum dikalibrasi dan hasil yang sudah dikalibrasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Feby Ardianto, S.T, M.Cs 2. Bengawan Alfaresi, S.T, M.T, IPM
Uncontrolled Keywords: Sensor pH, Arduino, Power of Hydrogen
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Transmisi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:30
Last Modified: 24 Sep 2021 02:30
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18531

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.