MONITORING PENGGUNAAN DAYA PADA ALAT PENYEMPROTAN JAMUR TIRAM SECARA OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

SITI HOLILA, NIM. 132017045 (2021) MONITORING PENGGUNAAN DAYA PADA ALAT PENYEMPROTAN JAMUR TIRAM SECARA OTOMATIS BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017045_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text
132017045_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pertumbuhan jamur sangat dipengaruhi oleh kelembaban dan suhu, agar dapat menghasilkan kualitas jamur yang baik. Kelembaban dan suhu harus dijaga agar tetap pada kondisi lingkungan yang baik bagi pertumbuhan jamur. Hal ini membutuhkan sistem monitoring suhu dan kelembaban secara otomatis dan dapat diakses secara digital. Tujuan penilitian yaitu mengetahui besarnya daya yang terpakai pada saat penyemprotan jamur tiram, memonitoring sistem penyemprotan dengan mengunakan IoT. Pengukuran pada beban konstan motor 100 watt dengan penchargeran dan tanpa penchargeran nilai tegangan dan arus tetap stabil yaitu 215,2 V dan arusnya 0,20 A, Sedangkan pada aplikasi eWelink, tegangan dan arus nya naik turun. Hal ini disebabkan daya yang terbaca secara digital dan manual ini dipengaruhi oleh faktor kerja alat itu sendiri serta sistem kerja pada programming dari sonoff itu sendiri,sehingga terjadi perbedaaan antara daya pada aplikasi eWelink dan daya pada pengukuran melalui multimeter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1.Sofiah,S.T.,M.T. 2.Erliza Yuniarti,S.T.,M.Eng
Uncontrolled Keywords: PLTS, Sistem Monitoring, Internet of things (IoT)
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:04
Last Modified: 24 Sep 2021 03:04
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.