Pengaruh Jenis dan Takaran Pupuk Organik Limbah Tanaman Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum.L)

YUSRIL ESA MAHENDRA, NIM: 422017020 (2021) Pengaruh Jenis dan Takaran Pupuk Organik Limbah Tanaman Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum.L). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
42017020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (570kB) | Preview
[img] Text
422017020_BAB II_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

RINGKASAN YUSRIL ESA MAHENDRA Pengaruh Jenis dan Takaran Pupuk Organik Limbah Tanaman Terhadap Pertumbuhan dan Produki Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) (Dibimbing oleh NURBAITI AMIR dan IKA PARIDAWATI) Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui dan menentukan pengaruh jenis dan takaran pupuk organik limbah tanaman terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) yang terbaik. Penelitian ini telah dilaksanakan di jalan milik petani yang terletak di jalan Sukarela, Kelurahan Kebun Bunga, Kec. Sukarami, Km 7 Palembang Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai Juli 2021. Penelitian ini menggunakan rancangan percobaan (Split Plot Design). Terdiri dari 9 Kombinasi perlakuan yang diulang 3 kali sehingga diperoleh sebanyak 27 petakan. Adapun perlakuan yang dimaksud adalah sebagai berikut: Faktor I Jenis Pupuk Organik (J) terdiri dari 3 taraf: J1= Jerami Padi, J2= Blotong, J3= Arang Sekam, Faktor II Takaran Pupuk Organik: T1= 1Kg/ Petak, T2= 3Kg/ Petak, T3= 5Kg/ Petak. Peubah yang diamati yaitu: Tinggi tanaman (cm), Jumlah daun (helai), Jumlah anakan per rumpun (anakan), Berat umbi per rumpun (g), Berat umbi per petak (kg). Hasil keragaman menunjukkan bahwa Perlakuan kombinasi antara jenis pupuk Blotong dengan Takaran 3kg memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah sebesar 0,54 kg/petak atau setara dengan 2,16 ton/ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nurbaiti Amir , S.E,S.P,M.Si 2. Ika Paridawati, S.P, M.Si
Uncontrolled Keywords: Tanaman Bawang Merah, Jerami Padi, Blotong, Arang Sekam.
Subjects: Agroteknologi > Kesuburan tanah dan nutrisi tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 27 Sep 2021 04:36
Last Modified: 27 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18525

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.