PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU DEMONSTRASI YANG ANARKIS

JERRI TRINALDO, 502017427 (2021) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU DEMONSTRASI YANG ANARKIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017427 _BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (724kB) | Preview
[img] Text
502017427 _BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)

Abstract

PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU DEMONSTRASI YANG ANARKIS Oleh : Jerri Trinaldo Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kepolisian dalam penegakan hukum terhadap aksi demonstrasi atau unjuk rasa mahasiswa yang anarkis dan untuk mengetahui faktor- faktor yang menghambat pelaksanaan penanganan demonstrasi yang dilakukan mahasiswa yang berujung anarkisoleh kepolisian. Penelitian ini merupakan penelitian hukum secara normatif dan untuk mencapai tujuan tersebut penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka yaitu memperlajari buku-buku kepustakaan atau literatur dan karya ilmiah lainnya yang ada hubungan dengan masalah dalam penelitian ini. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mendapatkan data-data sekunder dan bahan-bahan yang berhubungan dengan penelitian yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran kepolisian memiliki tiga tahapan yaitu persuasif, prefentif dan represif. Ketiga hal tersebut yang paling dominan dilakukan oleh kepolisian yaitu persuasif dan prefentif dengan kata lain pendekatan dalam bentuk negoisasi namun demikian tindakan represif dapat dilakukan bilamana eskalasi demonstrasi sudah mengarah adanya perbuatan melawan hukum. Kemudian hal – hal yang menghambat ada dua yaitu : Faktor Internal, terjadinya aksi anarkis yang disebabkan adanya provokator atau provokasi dalam masa demonstrasi yang mengakibatkan terjadinya kesalahpahaman antara masa demonstrasi atau masa unjuk rasa terhadap Kepolisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. SERLIKA APRITA, SH.,M.H 2. HENI MARLINA SH.,M.HUM
Uncontrolled Keywords: Demonstrasi, Anarkis, Wewenang Kepolisian
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 24 Sep 2021 03:09
Last Modified: 24 Sep 2021 03:09
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18522

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.