Pemasaran Bokar Melalui Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Dari Usahatani Karet di Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin

FITRI ANGGIANI, NIM. 412017027 (2021) Pemasaran Bokar Melalui Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Dari Usahatani Karet di Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
412017027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
412017027_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

FITRI ANGGIANI. “Pemasaran Bokar Melalui Unit Pengolahan Dan Pemasaran Bokar (UPPB) Sebagai Upaya Peningkatan Pendapatan Petani Dari Usahatani Karet Di Kecamatan Sembawa Kabupaten Banyuasin”. (Dibimbing Oleh RAHMAT KURNIAWAN dan SISVABERTI AFRIYATNA). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui Peran UPPB Dalam Pemasaran Bokar di Kecamatan Sembawa; (2) Menganalisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Petani Memilih Pemasaran Melalui UPPB Di Kecamatan Sembawa; (3) Menganalisis Perbedaan Pendapatan Petani Karet Yang Memasarkan Bokar Melalui UPPB Di Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin. Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Sembawa, Kabupaten Banyuasin, pada Februari sampai dengan Maret 2021, yang dipilih secara sengaja dengan dua pertimbangan. Pertimbangan pertama mengenai produksi bokar di Kecamatan Sembawa yang cukup tinggi, dan mengenai jumlah UPPB di Kecamatan Sembawa sebanyak 5 unit UPPB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah Purposive Sampling dan Disproportionate Stratified Random Sampling. Diketahui peran UPPB di Kecamatan Sembawa dalam pemasaran bokar dengan menjadikaan suatu penghubung antara supplier dengan petani langsung dalam memasarkan bokar serta upaya peningkatan pendapatan petani karet. Faktor-faktor yang berpengaruh nyata terhadap keputusan petani dalam memilih pemasaran bokar yaitu luas lahan, jumlah anggota keluarga, dan pendapatan. Sedangkan faktor lainnya yaitu umur, tingkat pendidikan, dan pengalaman usahatani tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan petani. Pendapatan rata-rata petani karet yang memasarkan bokar melalui UPPB sebesar Rp 2.556.298,09 ha/bulan, sedangkan petani yang memilih pemasaran melalui non UPPB sebesar Rp 1.419.130,764 ha/bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING : 1. RAHMAT KURNIAWAN, SP., M.Si 2. SISVABERTI AFRIYATNA, SP., M.Si
Uncontrolled Keywords: PEMASARAN BOKAR, UNIT PENGOLAHAN DAN PEMASARAN BOKAR (UPPB), PENDAPATAN PETANI, FAKTOR-FAKTOR MEMPENGARUHI
Subjects: Agribisnis > pemasaran pertanian
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 22 Sep 2021 03:07
Last Modified: 22 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18436

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.