SYARAT PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI DALAM PROSES PERADILAN PIDANA DAN DASAR BERLAKUNYA PENINJAUAN KEMBALI

DENI SAPUTRA, NIM. 502017259 (2021) SYARAT PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI DALAM PROSES PERADILAN PIDANA DAN DASAR BERLAKUNYA PENINJAUAN KEMBALI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017259_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017259_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)

Abstract

ABSTRAK SYARAT PENGAJUAN PENINJAUAN KEMBALI DALAM PROSES PERADILAN PIDANA DAN DASAR BERLAKUNYA PENINJAUAN KEMBALI Oleh DENI SAPUTRA Selaras dengan tujuan untuk menelusuri prinsip-prinsip hukum dan sistematika hukum, terutama yang berhubungan dengan proses dan perbedaan penghentian penuntutan dengan syarat pengajuan peninjauan kembali dalam proses peradilan pidana dan dasar berlakunya peninjauan kembali, maka penelitian terhadap permasalahan tersebut merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dalam usaha mendapatkan data sekunder dengan cara mengkaji bahan hukum primer berupa peraturan perundang-undangan dan bahan hukum sekunder yang relevan. Teknik pengolahan data dilakukan dengan cara menganalisis semua bahan hukum yang ada secara kualitatif untuk selanjutnya dikonstruksikan dalam bentuk kesimpulan Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa syarat pengajuan peninjauan kembali dalam proses peradilan pidana adalah diajukan oleh terpidana atau ahli warisnya terhadap putusan yang telah di kracht, adanya bukti baru/keadaan baru, apabila terdapat putusan pengadilan yang bertentangan, adanya kekeliruan / kekhilafan hakim secara nyata, apabila putusan dijatuhkan dinyatakan terbukti akan tetapi tidak diikuti pemidanaan. Dan dasar berlakunya Peninjauan Kembali diatur dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana Atau Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981. Kata Kunci: Peninjauan Kembali, Pidana dan Putusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Luil Maknun, S.H, M.H Pembimbing 2 : Drs. Edy Kastro, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Peninjauan Kembali, Pidana dan Putusan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Oct 2021 03:38
Last Modified: 07 Oct 2021 03:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18423

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.