ANALISIS HARMONISA PADA SISTEM PLTS ATAR BADAK KAPASITAS 4000 WATT

Albert Novaliano, NIM. 132017089 (2021) ANALISIS HARMONISA PADA SISTEM PLTS ATAR BADAK KAPASITAS 4000 WATT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017089_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017089_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) adalah pilihan terbaik sebagai pengganti energi yang selama ini berasal dari fosil. Energi tenaga surya (matahari) adalah salah satu sumber EBT yang cukup besar digunakan secara mendunia. Daerah-daerah Indonesia terletak pada garis khatulistiwa, sehingga semuanya terkena pancaran sinar matahari. Pembangkit Listrik Tenaga Surya ( PLTS ) adalah suatu sistem atau alat pembangkit listrik alternatif yang memanfaatkan radiasi cahaya surya. Panel surya digunakan mengubah energi cahaya dari sinar surya menjadi energi listrik untuk digunakan sebagai pembangkit listrik. PLTS merupakan salah satu dari beberapa pembangkit EBT yang berkembang di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai gangguan harmonisa pada sistem PLTS Atar Badak kapasitas 4000 Watt. Metode penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan yaitu: studi literature, pengambilan data, perhitungan dan analisis. Dari hasil pengukuran dan perhitungan data yang dilakukan pada Dusun Atar Badak desa Merbau kabupaten OKU selatan diketahui bahwa harmonisa terjadi pada beban non linier terutama pada peralatan listrik motor 1 fasa dan disimulasikan dalam aplikasi ETAP sehingga didapatkan nilai THDv nya sebesar 2.35% dan THDI sebesar 3.04%. Untuk mereduksi gelombang dan mengurangi nilai harmonisa pada sistem yang terjadi akibat beban maka digunakan filter pasif sehingga bentuk gelombang yang dihasilkan menjadi bagus dan nilai gangguannya juga menjadi lebih kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Zulkiffli Saleh., M.Eng 2. Yosi Apriani S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: PLTS, Beban Non Linier, Harmonisa
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 24 Sep 2021 02:43
Last Modified: 24 Sep 2021 02:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18374

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.