HAK-HAK DAN UPAYA PENYELESAIAN PEKERJA PERUSAHAAN YANG DI NYATAKAN PAILIT MENURUT UNDANG-UNDANG NO 13 TAHUN 2003

ARDI FRESNALDO, NIM. 502017216 (2021) HAK-HAK DAN UPAYA PENYELESAIAN PEKERJA PERUSAHAAN YANG DI NYATAKAN PAILIT MENURUT UNDANG-UNDANG NO 13 TAHUN 2003. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017216_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502017216_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

ABSTRAK HAK-HAK DAN UPAYA PENYELESAIAN PEKERJA PERUSAHAAN YANG DI NYATAKAN PAILIT MENURUT UNDANG-UNDANG NO 13 TAHUN 2003 Oleh ARDI FRESNALDO Selaras dengan tujuan dan ruang lingkup, terutama yang berkaitan dengan hak-hak dan upaya hukum pekerja perusahaan yang dinyatakan pailit menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003, maka penelitiannya tergolong penelitian hukum yang bersifat penelitian hukum normatif dan tidak menguji hipotesa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan dan untuk memperoleh bahan hukum sekunder dilakukan dengan cara mengkaji bahan hukum primer yaitu dengan meneliti peraturan perundang-undangan ataupun literature-literatur, serta sumber-sumber yang ada relevansinya dengan permasalahan yang berhubungan dengan penulisan skripsi ini. Teknik pengelolaan data dilakukan dengan cara menganalisis data tekstual dan selanjutnya dikonstruksikan dalam kesimpulan, Hak-hak pekerja perusahaan yang dinyatakan pailit menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Hak-hak pekerja yang harus dipenuhi oleh perusahaan, berdasarkan Pasal 165 Undang-Undang Nomor. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan yang menyatakan pengusaha dapat melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap pekerja/buruh Karena perusahaan dinyatakan pailit, dengan ketentuan pekerja/buruh berhak atas uang pesangon sebesar 1 (satu) kali ketentuan Pasal 156 ayat (2), uang penghargaan masa kerja sebesar 1(satu) ketentuan pasal 156 ayat (3) dan uang penggantian hak sesuai ketentuan Pasal 156 ayat (4).Upaya penyelesaian yang dilakukan pekerja apabila hak-haknya dilanggar oleh perusahaan yang dinyatakan pailit, yaitu dengan melalui upaya bipartit, mediasi, konsilisasi, arbitrase, dan atau pengadilan hubungan industrial. Kata Kunci: Hak, Perusahaan dan Pailit .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Yudistira Rusydi, S.H.,M.Hum Pembimbing 2 : Atika Ismail, S.H.,M.H
Uncontrolled Keywords: Hak, Perusahaan dan Pailit
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 22 Sep 2021 07:03
Last Modified: 22 Sep 2021 07:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18361

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.