MONITORING SMART CHARGER BATERAI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DI DESA PANDAN ARANG

AGUS ANGGARA, NIM. 132017030 (2021) MONITORING SMART CHARGER BATERAI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) DI DESA PANDAN ARANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017030_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text
132017030_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (548kB)

Abstract

Tenaga surya ialah tenaga baru terbarukan dimana dalam pemanfaatan- nya senantiasa di maksimalkan sebab keseriusan sinar dari tenaga surya yang tidak senantiasa konstan, sel surya ataupun komponen panel surya merupakan komponen yang bisa mengganti besar keseriusan cahaya matahari jadi tenaga listrik yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh beban ataupun pula selaku charger baterai. Tujuan penelitian ini membuat alat monitoring smart charger baterai berbasis internet of things. Dengan kemampuan dapat mengekspor data ke excel dan memonitoring performa atau kemampuan dalam penchargeran baterai. Metode penelitian ini dilakukan pengambilan data monitoring penchargeran baterai dan analisis parameter tegangan dan arus dengan cara mengecek data monitoring penchargeran baterai berbentuk excel. Hasil data pengukuran selanjutnya diverifikasi dan divalidasi di bentuk dalam tabel. Dari pengujian nilai rata-rata menunjukan bahwa tegangan tertinggi sebesar 12,99 V terjadi pada jam 12:00 WIB dan arus 1,65 A terjadi pada jam 12:00 WIB, sedangkan nilai rata-rata tegangan paling rendah sebesar 11,4 V terjadi pada jam 12:00 WIB saat cuaca hujan dan arus 1,16 A terjadi pada jam 07:00 WIB. Pada saat dilakukan pengujian dapat disimpulkan, bahwa besarnya tegangan dan arus sangat berpengaruh terhadap teriknya sinar matahari yang diserap panel surya dalam penchargeran baterai setiap jamnya. Kata kunci: monitoring smart charger baterai, sensor arus dan tegangan,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Feby Ardianto,S.T,M.Cs 2. Bengawan Alfaresi,S.T,M.T,IPM
Uncontrolled Keywords: monitoring smart charger baterai, sensor arus dan tegangan
Subjects: Elektro > Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:31
Last Modified: 20 Sep 2021 06:31
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.