PENGARUH TAX AVOIDANCE, TAX PLANNING, DAN ISOMORFISMA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KEADILAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di KPP Pratama Palembang Seberang Ulu)

IRA MARIA SARI, NIM.222017206 (2021) PENGARUH TAX AVOIDANCE, TAX PLANNING, DAN ISOMORFISMA TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN KEADILAN PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Wajib Pajak Badan yang Terdaftar di KPP Pratama Palembang Seberang Ulu). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
222017206_BAB I_SAMPAI_DAFTAR PUSTAKA-1.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
222017206_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ira Maria Sari/222017206/2021/ Pengaruh Tax Avoidance, Tax Planning dan Isomorfisma Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Keadilan Pajak Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Badan di KPP Seberang Ulu) Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengaruh Tax Avoidance, Tax Planning dan Isomorfisma Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Keadilan Pajak Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Wajib Pajak Badan di KPP Seberang Ulu). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tax avoidance, tax planning dan isomorfisma terhadap kepatuhan wajib pajak dengan keadilan pajak sebagai variabel Moderasi. Teori dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori institusional. Data yang digunakan adalah data primer. Sampel dalam penelitian ini adalah wajib pajak badan sebanyak 98 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama tax avoidance, tax planning dan isomorfisma berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Secara persial tax avoidance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, tax planning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan isomorfisma berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Secara moderasi keadilan tidak memoderasi tax avoidance terhadap kepatuhan wajib pajak hanya berperan sebagai prediktor moderasi (predictor moderator), keadilan pajak tidak memoderasi tax palnning terhadap kepatuhan wajib pajak hanya berperan sebagai prediktor moderasi (predictor moderator) dan keadilan pajak tidak memoderasi isomorfisma terhadap kepatuhan wajib pajak hanya berperan sebagai homologiser moderasi (homologiser moderator).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Betri, S.E., Ak., M.Si., CA 2. Saekarini Yuliachtri, SE., Ak., M.Si
Uncontrolled Keywords: Tax Avoidance, Tax Planning, Isomorfisma, Keadilan Pajak, Kepatuhan Wajib Pajak
Subjects: Akuntansi > akuntansi pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Feb
Date Deposited: 20 Sep 2021 06:03
Last Modified: 20 Sep 2021 06:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18330

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.