PENGARUH PUPUK KASCING DAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH SAYUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.)

Anggi Saputri, 422017070 (2021) PENGARUH PUPUK KASCING DAN PUPUK ORGANIK CAIR LIMBAH SAYUR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN BAWANG MERAH (Allium ascalonicum L.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
422017070 BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
422017070 BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (675kB)

Abstract

Abstrak ANGGI SAPUTRI, Pengaruh Pupuk Kascing dan Pupuk Organik Cair Limbah Sayur Terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Bawang Merah (Allium ascalonicum L.) (Dibimbing oleh IIN SITI AMINAH, dan ERNI HAWAYANTI). Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk kascing dan pupuk organik cair limbah sayur pada pertumbuhan dan produksi tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian ini telah dilaksanakan di lahan petani yang terletak di jalan Sukarela Kelurahan Kebun Bunga, Kecamatan Sukarami, Km 7 Palembang Sumatera Selatan. Waktu penelitian di bulan mei sampai juli 2021. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Percobaan Petak Terbagi (Split-plot Design) yang terdiri atas perlakuan petak utama adalah pupuk kascing dan anak petak adalah pupuk organik cair limbah sayur, dengan 9 kombinasi perlakuan dan 3 ulangan sehingga mendapatkan 27 petakan. Adapun faktor perlakuan yang dimaksud adalah sebagai berikut: pupuk kascing: K1=15 ton/ha (1,5 Kg/petak), K2=20 ton/ha (2 Kg/petak), K3=25 ton/ha (2,5 Kg/petak). Pupuk organik cair limbah sayur: L1=2,5 ml/liter air L2=5 ml/liter air, L3=7,5 ml/liter air. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah tinggi tanaman (cm), jumlah daun (helai), jumlah anakan per tanaman (siung), berat umbi per rumpun (g), berat umbi per petak (kg). Perlakuan interaksi antara pupuk kascing 25 ton/ha dengan pupuk organik cair limbah sayur 5 ml/l memberikan pengaruh terbaik terhadap produksi bawang merah (Allium ascalonicum L.) yaitu 1,27 kg/petak atau setara dengan 5,08 ton/ha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Ir. Iin Siti Aminah, M.Si 2. Ir. Erni Hawayanti, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pupuk Kascing, Pupuk Organik Cair dan Produksi Tanaman Bawang
Subjects: Agroteknologi > Kesuburan tanah dan nutrisi tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 29 Sep 2021 03:59
Last Modified: 29 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18269

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.