IDENTIFIKASI JENIS-JENIS MAKROZOOBENTOS DI RAWA LEBAK DESA BANGSAL KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN

syahrial agung, 442017003 (2021) IDENTIFIKASI JENIS-JENIS MAKROZOOBENTOS DI RAWA LEBAK DESA BANGSAL KECAMATAN PAMPANGAN KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SUMATERA SELATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
442017003_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (903kB) | Preview
[img] Text
442017003_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (741kB)

Abstract

SYAHRIAL AGUNG, Identifikasi Jenis-Jenis Makrozoobentos Di Rawa Lebak Desa Bangsal Kecamatan PampanganKabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan (dibimbing oleh KHUSNUL KHOTIMAH dan ELVA DWI HARMILIA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis makrozoobentos dan keanekaragaman, keseragaman, dan dominansi makrozoobentos. Penelitian ini dilaksanakan di Rawa Lebak Desa Bangsal Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Metode penelitian ini menggunakan metode survei dengan mengambil 5 stasiun pengambilan sampel. Penentuan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling atau dilakukan secara sengaja dengan pengambilan sampel 1 kali dalam sebulan selama pada bulan Mei sampai dengan Juli 2021 pada 5 stasiun. Dari hasil penelitian ditemukan 6 spesies makrozoobentos yang terdiri dari 4 kelas yaitu kelas Gastropoda (2 spesies), Bellamya javanica dan Pomacea canaliculata. Kelas Bilvalvia(2 spesies) Plisbryoconcha dan Corbicula javanica. Kelas Insecta (1 spesies), Cybister fimbriolatus. Kelas Oligochaeta (1 spesies) Tubifex sp. Indeks keanekaragman berkisar 0-1%, menunjukan keanekaragaman makrozoobentos rendah. Indeks keseragaman tertinggi pada stasiun 2 dengan nilai 1,25% menunjukan bahwa keseragaman pada stasiun 2 merata dan indeks keanekaragaman terendah terdapat pada ke 4 stasiun lainnya dengan nilai 0. Serta indeks dominansi berkisar 0-0,69% yang menunjukan bahwa terdapat makrozoobentos yang mendominansi, makrozoobentos yang ditemukan di perairan tersebut adalah spesies Bellamya javanica.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Khusnul Khotimah, S.P., M.Si. pembimbing: 2. Elva Dwi Harmilia, S.Si., M.Si.
Uncontrolled Keywords: makrozoobentos;rawa lebak;pampangan
Subjects: Budidaya Perairan > Budidaya perairan tawar
Divisions: Fakultas Pertanian > Akuakultur (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 18 Sep 2021 06:42
Last Modified: 18 Sep 2021 06:42
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18258

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.