PENGARUH JARAK TANAM DAN JENIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L.)

CRISMON DHOYO PUTRO, 422016014 (2021) PENGARUH JARAK TANAM DAN JENIS PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SORGUM (Sorghum bicolor L.). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
422016014 BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (567kB) | Preview
[img] Text
422016014 BAB II_ SAMPAI BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (644kB)

Abstract

Abstrak CRISMON DHOYO PUTRO, pengaruh jarak tanam dan jenis pupuk organik cair terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman sorgum (Sorghum bicolor L.) (dibimbing oleh ERNI HAWAYANTI dan GUSMIATUN). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan jenis pupuk organik cair dan jarak tanam tertentu yang memberikan pengaruh terbaik terhadap tanaman sorgum (Sorghum bicolor L.). Penelitian ini telah dilaksanakan di Jl.Sukarela, Kelurahan Kebun Bunga, Kec.Sukarami, KM 7 Palembang, Sumatera Selatan. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret sampai Juni 2021. Penelitian ini menggunakan metode eksperiment, yang disusun berdasarkan Rancangan Petak Terbagi (Split plot design) dengan 3 faktor perlakuan dan 3 ulangan.. Sebagai perlakuan petak adalah jarak tanam dansebagai anak petak pupuk organik cair.Dengan demikian terdapat 27 satuan percobaan. Adapun perlakuan yang dimaksud adalah sebagai berikut : Jarak Tanam J1 K1 = 70 cm x 10 cm, J2 = 70 cm x 20 cm, J3 = 70 cm x 30 cm. Jenis Pupuk Organik Cair (K), K1 = Limbah Tahu, K2 = Urine Sapi, K3 = Kotoran Ayam. Peubah yang diamati dalam penelitian ini adalah Tinggi Tanaman (cm), Jumlah Daun, Panjang Malai, Berat Malai, Berat Biji Pertanaman , Berat Biji Perpetak. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara tabulasi kombinasi perlakuan jarak tanam 70 x 40 cm dengan pemberian pupuk organik cair kotoran ayam memberikan pengaruh tertinggi terhadap produksi sorgum sebesar 1,51 kg/petak (setara dengan 2,01 ton/ha).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Ir. Erni Hawayanti, M.Si 2. Dr.Ir. Gusmiatun,MP
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Jarak Tanam, Pupuk Organik Cair dan Sorgum
Subjects: Agroteknologi > Kesuburan tanah dan nutrisi tanaman
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroteknologi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:59
Last Modified: 20 Sep 2021 03:59
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18237

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.