Pengaruh Perubahan Insolasi Matahari dan Tingkat Temperatur Pada Sistem PLTS Atar Badak

M Efliandi Yudha E P, NIM. 132017133 (2021) Pengaruh Perubahan Insolasi Matahari dan Tingkat Temperatur Pada Sistem PLTS Atar Badak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017133_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (956kB) | Preview
[img] Text
132017133_BAB 2_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PLTS merupakan teknologi ramah lingkungan yang menggunakan energi sel surya fotovoltaik dengan cara mengubah energi cahaya yang dipancarkan matahari menjadi energi listrik. Dengan potensi energi matahari yang sebesar itu, seharusnya cukup untuk menopang kebutuhan energi di Indonesia. Namun ada sebagian daerah di Indonesia terkhusus di kawasan Sumatera Selatan yang belum dialiri arus listrik dari pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perubahan insolasi matahari dan tingkat temperatur pada sistem PLTS Atar Badak dengan meninjau daya keluaran yang dihasilkan oleh panel surya. Metode penelitian ini menggunakan 4 (empat) tahapan yaitu: studi literatur, pengambilan data, perhitungan dan analisis. Dari hasil pengukuran dan perhitungan data yang dilakukan pada Dusun Atar Badak desa Merbau kabupaten OKU Selatan diketahui bahwa Daya keluaran tertinggi dicapai saat pengujian hari ke 3 dengan daya sebesar 413,17 Watt dengan suhu 43.450C. Dan daya keluaran terendah dicapai saat pengujian hari ke 6 dengan daya sebesar 82.92 Watt dengan suhu 34.260C. Faktor lain yang menyebabkan kenaikan variabel tersebut ialah cuaca, musim , dan pergerakan Awan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Ir Eliza, M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: PLTS, Panel Surya, Insolasi dan Temperatur
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 18 Sep 2021 02:01
Last Modified: 18 Sep 2021 02:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18229

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.