RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY (UPS) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT)

Muhammad Rais Asadullah, NIM. 1321017117 (2021) RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING UNINTERRUPTIBLE POWER SUPPLY (UPS) BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BAB1&DAPUS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI BAB2-BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan sistem monitoing pada UPS (Uninterruptible Power Supply) yang memiliki dua sumber energi, yakni sumber PLN dan Sumber Baterai sangat penting. Dikarekanan, dengan adannya sistem monitoring ini, besaran nilai-nilai parameter pada UPS dapat terlihat (bisa dimonitoring) secara online. Tujuan penelitian ini adalah merancangan bangun sebuah sistem monitoring pada UPS berbasis IoT (Internet of Things) untuk melihat besaran nilai-nilai parameter yang terdapat pada UPS tersebut secara langsung (real-time) dengan menggunakan Sonoff POW R2. Metodelogi yang saya gunakan ialah mulai dari proses perancangan dan pembuatan serta perancangan pengkawatan dari proses pembuatan alat dan evaluasi. Hasil percobaan yang didapatkan data bahwa nilai- nilai pada UPS sekarang dapat dilihat dan dimoniroting secara online dan didapatkan hasil bahwa nilai tegangan yang bersumber dari PLN nilainya tidak mencapai 220 V sedangkan nilai tegangan yang bersumber dari Baterai nilainya mencapai 220 V. Nilai arus dan daya yang bersumber dari PLN yang terlihat pada layar moniroing nilainya stabil sedangkan nilai arus dan daya yang bersumber dari Baterai nilainya yang terlihat mengalami peningkatan. Kata kunci: UPS, Sonoff, IoT, Sistem monitoring, PLN dan Baterai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Yosi Apriani, S.T., M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: UPS, Sonoff, IoT, Sistem monitoring, PLN dan Baterai
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:33
Last Modified: 17 Sep 2021 02:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18218

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.