KAJI ULANG SISTEM PLTS OFF GRID KAPASITAS 4000 WATT DI KOMUNITAS ADAT TERPENCIL ATAR BADAK

Rizki Putra Pratama, 132017144 (2021) KAJI ULANG SISTEM PLTS OFF GRID KAPASITAS 4000 WATT DI KOMUNITAS ADAT TERPENCIL ATAR BADAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017144_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
132017144_BAB !!_SAMPAI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Di Indonesia, penggunaan energi masih berasal dari fosil, terutama energi tak terbarukan yang dihasilkan dari minyak bumi dan batu bara. Seiring waktu, ketersediaan energi ini semakin berkurang.Energi Baru dan Terbarukan (EBT) adalah pilihan terbaik untuk memecahkan masalah ketersediaan energi.Salah satu sumber energi yang masih sangat melimpah dan ramah lingkungan, namun belum dikembangkan secara optimal khususnya di Indonesia adalah energi surya.Dengan bantuan teknologi fotovoltaik, energi surya diubah menjadi energi listrik dan teknologi fotovoltaik dapat mengubah sinar surya menjadi energi listrikTeknologi fotovoltaik digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).Tujuan penelitian ini mengkaji ulang suatu sistem PLTS yang berada di komunitas adat terpencil atar badak dengan kapasitas 4000 Watt. Metode penelitian ini menggunakan 4 (Empat) tahapan yaitu: studi literatur ,pengambilan data, perhitungan dan analisis. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pada panel surya masih dalam keadaan layak. Ditinjau dari segi baterai,daya tertinggi yang dapat disimpan ialah 233,76 Watt dengan nilai terendah 227,81. Lalu pada inverter efektivitas yang dihasilkan sekitar 60%, hal ini membuat penggunaan beban menjadi tidak dapat beroperasi secara optimal. Pada beban pompa DC nilai tertinggi sebesar 12,82 (Volt) dan nilai terendah sebesar 13,44 (Volt). Pada beban pompa AC nilai tertinggi 224,21 (Volt) dan nilai terendah 219,07 (Volt).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Ir. Eliza, M.T 2. Muhammad Hurrairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :PLTS, Komponen PLTS, Parameter Listrik.
Subjects: Elektro > Elektronika
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:13
Last Modified: 17 Sep 2021 02:13
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18211

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.