ANALISIS KARAKTERISTIK POMPA SUBMERSIBLE DC 220 WATTTERSAMBUNG LANGSUNG PADA SOLAR PANEL ATAR BADAK

Putu Aditya Saputra, 132017126 (2021) ANALISIS KARAKTERISTIK POMPA SUBMERSIBLE DC 220 WATTTERSAMBUNG LANGSUNG PADA SOLAR PANEL ATAR BADAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
132017126_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
132017126_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Air merupakan kebutuhan yang penting bagi umat manusia serta makhluk hidup yang lain. Baik itu untuk memasak, minum, mandi dan lain-lain. Pada umumnya masyarakat menggunakan pompa air untuk memenuhi kebutuhan pasokan air. Untuk memenuhi kebutuhan air, masyarakat sering mengalami kesulitan serta kendala, baik kendala sumber air maupun ketersediaan energi listrik. Salah satu alternatif untuk solusi kendala energi listrik dan air adalah pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). PLTS seperti ini diharapkan dapat untuk memenuhi ketiadaan suplai energi listrik dan air khususnya pada wilayah terpencil. Agar masyarakat tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan air bersih dan hemat energi listrik, maka pemasangan pompa air Submersible DC 220 Watt yang terhubung langsung pada PLTS diharapkan dapat menjadi solusi sumber energi listrik penyuplai pompa air. Peneliti menggunakan panel surya 100 WP sebanyak 6 (enam) buah dan 4 (empat) buah baterai kapasitas 100 Ah sebagai sumber energi utama untuk menyuplai energi listrik ke pompa submersible DC agar dapat menghasilkan air bersih yang diinginkan. Dari penelitian yang dilakukan pada pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB selama 7 hari lamanya dihasilkan bahwa pompa bekerja dengan baik dengan besaran rata-rata parameter listrik yang didapat pada pompa submersible DC 220 Watt selama 7 hari sebesar 17,37 (Ampere), 13,06 (Volt) dan daya 226,88 (Watt) dengan rerata putaran sebesar 2851Rpm. Manfaat yang didapatkan dari pengujian ini adalah untuk menghasilkan kebutuhan air bersih pada masyarakat terpencil dengan memanfaatkan energi listrik alternatif yang dihasilkan oleh PLTS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1 Ir.Eliza,M.T 2 Muhammad Hurairah,S.T.,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Air, Panel Surya, Pompa Submersible DC.
Subjects: Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Elektro > Teknik Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:05
Last Modified: 17 Sep 2021 02:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18207

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.