BENTUK PELAKSANAAN DIVERSI PADA TAHAP PENYIDIKAN TINDAK PIDANA RINGAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK

YULIA CITRA, NIM. 502017111 (2021) BENTUK PELAKSANAAN DIVERSI PADA TAHAP PENYIDIKAN TINDAK PIDANA RINGAN YANG DILAKUKAN OLEH ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017111_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017111_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)

Abstract

Diversi merupakan pemberian kewenangan kepada aprat penegak hukum untuk mengambil tindakan-tindakan kebijsanaan dalam menangani atau meyelsaikan masalah pelanggaran anak dengan tidak menganbil jalan formal antara lain menghentikan atau tidak meneruskan/melepas dari proses peradilan pidana atau mengembalikan/menyerahkan kepada masyarakat dan bentuk-bentuk kegiatan pelayanan sosial lainnya. Untuk mengetahui dan menjelaskan bentuk pelaksanaan diversi pada tahap penyidikan tindak pidana ringan yang dilakukan oleh anak, dan juga untuk menetahui dan memahami perlindungan terhadap anak yang melakukan tindak pidana ringan. Berdasarkan hasil penelitian dipahami pelaksanaan diversi pada tahap penyidikan tindak pidana ringan yang dilakukan oleh anak adalah: terdapat 3 (tiga) bentuk, pertama musyawarah polisi, kedua musyawarah keluarga, ketiga musyawarah masyarakat, kemudian hasil kesepakatan diversi disampaikan oleh atasan langsung polisi kepada pengadilan negeri untuk memperoleh penetapan. Serta menerima penetapan dari pengadilan, penyidikan menerbitkan surat penetapan penghentian penyidikan. Perlindungan terhadap anak sebagai pelaku tindak pidana ringan adalah merupakan suaatu hal yang penting dan harus dilaksanakan. Kesadaran terhadap pentingnya hal itu adalah karena yang dilakukan oleh seorang anak tidak terlepas dari kekurangan dan keasalah orang tua, masyarakat dna lingkungan sekitar anak yang mempengaruhi terjadinya pebuatan tersebut, berdasarkan hal tersebut anak pelaku tindak pidana harus mendapatkan perlindungan hukum terhadap hak-haknya untuk menghindari penanganan yang salah selama proses pidana berlangsung. Dengan demikian proses peradilan pidana yang dihadapinya tidak berpengaruh buruk terhadap kejiwaannya dan tindakan perlindungan secara khusus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Reny Okprianti, SH., M.Hum 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Bentuk pelaksanaan diversi tahap penyidikan.
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 20 Sep 2021 04:21
Last Modified: 20 Sep 2021 04:21
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18180

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.