PERLINDUNGAN HUKUM PERDATA TERHADAP NASABAH KOPERASI (Study Kasus di Koperasi Serba Usaha Al-Hudori Kota Palembang)

ALDI TRI SANJAYA, NIM : 502017125 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM PERDATA TERHADAP NASABAH KOPERASI (Study Kasus di Koperasi Serba Usaha Al-Hudori Kota Palembang). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017125_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017125_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM PERDATA TERHADAP NASABAH STUDY KASUS DI KOPERASI SERBA USAHA AL-HUDORI KOTA PALEMBANG Aldi Tri Sanjaya Koperasi mempunyai peranan yang sangat penting, khususnya bagi para anggotanya. Cita-cita koperasi memang sesuai dengan susunan kehidupan rakyat Indonesia. Meski selalu mendapat rintangan, namun Koperasi tetap berkembang. Seiring dengan perkembangan masyarakat, berkembang pula perundang-undangan yang digunakan. Dengan berjalan seiring zaman banyak masalah yang terjadi di dalam sistem koperasi, Berdasarkan uraian tersebut maka penelitian tertarik melakukan penelitian tersebut dengan rumusan masalah Bagaimana perlindungan hukum perdata terhadap nasabah dan Apakah simpanan anggota memiliki hak waris terhadap ahli waris? Apabila anggota koperasi meninggal dunia. Metode penelitian yang digunakan menggunakan kualitatif dengan proses pengumpulan data didapatkan dengan cara observasi dan wawancara ke kantor KSU Al-Hudori kota Palembang. Dari hasil penelitian tersebut peneliti mendapatkan kesimpulan berikut. Perlindungan Hukum terhadap Nasabah koperasi adalah Hak-hak yang dilindungi dari anggota Misalnya, hak atas kenyamanan, hak atas informasi yang benar, hak untuk didengar pendapat dan keluhannya, hak untuk mendapatkan advokasi, hak untuk mendapatkan pembinaan, hak untuk diberlakukan atau dilayani secara benar, hak untuk mendapatkan kompensasi dan ganti rugi dan hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya. Hak tersebut telah dilaksanakan secara penuh dan benar oleh Koperasi serba usaha Al-Hudori sehingga para anggota merasa tenang dan tidak khawatir atas perlindungan yang diberikan oleh managemen koperasi. Apabila ahli waris ingin menarik simpanan dana koperasi, pihak manajemen tidak memaksa dan akan mengembalikan semua dana anggota yang meninggal tersebut ke ahli waris yang berhak menerimanya sesuai dengan nominal yang tertera pada buku tabungan. Kata Kunci : Perlindungan, Nasabah, Koperasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Rosmawati, SH., MH Pembimbing II : Helwan Kasra, SH., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Perlindungan, Nasabah, Koperasi
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 30 Sep 2021 03:37
Last Modified: 30 Sep 2021 03:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18172

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.