PERANAN AUDITOR EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN (Studi Kasus pada PT. Surya Kemang Manis)

Anita Tri Rahayu, NIM. 222017284 (2021) PERANAN AUDITOR EKSTERNAL DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PENGENDALIAN INTERN ATAS SISTEM PENGGAJIAN DAN PENGUPAHAN (Studi Kasus pada PT. Surya Kemang Manis). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
222017284_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text
222017284_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)

Abstract

ABSTRAK Anita Tri Rahayu/222017284/2021/ Peranan Auditor Eksternal Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern Atas Sistem Penggajian Dan Pengupahan (Studi Kasus Pada PT Surya Kemang Manis) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peranan Auditor Eksternal Dalam Meningkatkan Efektivitas Pengendalian Intern Atas Sistem Penggajian Dan Pengupahan (Studi Kasus Pada PT Surya Kemang Manis) apakah telah dilaksanakan secara efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitan deskriptif. Tempat penelitian ini dilakukan di PT Surya Kemang Manis. Variabel yang digunakan adalah peranan audit internal dalam sistem penggajian dan pengupahan. Data yang digunakan yaitu data primer dan skunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa auditor eksternal berperan dalam meningkatkan efektivitas pengendalian intern atas sistem penggajian dan pengupahan pada PT Surya Kemang Manis, hal ini dapat dilihat dari penilaian auditor eksternal pada PT. Surya Kemang Manis terhadap kinerja karyawan yang sudah cukup baik dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diberikan oleh perusahaan, namun perusahaan belum menerapkan sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan yang baik karena belum adanya pemisahan tugas antara bagian pembuat daftar gaji dengan bagian pembayaran gaji dan terjadi perangkapan tugas oleh bagian administrasi. Oleh karena itu perlu dilakukan sistem pengendalian intern penggajian dan pengupahan dan menambahan karyawan yang bertugas membuat daftar gaji sehingga dapat meminimalisir kecurangan yang dapat dilakukan pada bagian tersebut. Kata kunci : Audit Internal, Sistem Pengendalian Intern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Hj. Rosalina Ghazali, S.E.Ak., M.Si Pembimbing 2 : Hj. Ida Zuraidah, S.E.Ak., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci Tema Skripsi dan ABSTRAK
Subjects: Akuntansi > audit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi (S1)
Depositing User: Mahasiswa Feb
Date Deposited: 16 Sep 2021 03:34
Last Modified: 16 Sep 2021 03:34
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18159

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.