KEDUDUKAN KREDITUR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN APABILA DEBITUR PAILIT

DONI ANDESTA, NIM.502017212 (2021) KEDUDUKAN KREDITUR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN APABILA DEBITUR PAILIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017212_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017212_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)

Abstract

ABSTRAK KEDUDUKAN KREDITUR PEMEGANG HAK TANGGUNGAN APABILA DEBITUR PAILIT Oleh DONI ANDESTA Selaras dengan ruang lingkup dan tujuan penelitian ini, maka pembahasan Bagaimanakah kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan apabila debitur pailit menurut undang-undang hak tanggungan dan Apakah akibat hukum terhadap kedudukan Kreditur pemegang hak tanggungan apabila debitur pailit. digolongkan dalam jenis penelitian hukum normatif yang bersifat deskriptif sehingga tidak perlu menguji Hipotesa. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Penelitian Kepustakaan (Library Research). Dalam penelitian kepustakaan data yang diperoleh adalah data sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang relevan dengan permasalahan. Analisis data dilakukan dengan cara content analisys (analisis isi) terhadap data tekstual, untuk selanjutnya dikonstruksikan dalam suatu kesimpulan. Kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan apabila debitur pailit menurut Undang-Undang Hak Tanggungan, yaitu : kedudukan kreditur pemegang hak tanggunganapabila debitur pailit, maka kedudukan para kreditur adalah sama. Oleh karena itu mereka mempunyai hak yang sama atas harta pailit sesuai dengan besarnya tagihan masing-masing dan Akibat hukum terhadap kedudukan kreditur pemegang hak tanggungan apabila debitur pailit, yaitu : Akibat kepailitan terhadap seluruh perikatan yang dibuat debitur pailit. Semua perikatan debitur yang terbit sesudah putusan pernyataan pailit, tidak lagi dapat dibayar dari harta pailit, kecuali perikatan tersebut menguntungkan harta pailit. Tuntutan kreditur terhadap hak atau kewajiban yang menyangkut harta pailit harus diajukan oleh atau terhadap kurator. Kata Kunci: Kreditur, Debitur dan Pailit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Yudistira Rusydi,S.H, M.Hum Pembimbing 2 : M.Soleh Idrus, SH., MS
Uncontrolled Keywords: Kreditur, Debitur dan Pailit
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 17 Sep 2021 03:12
Last Modified: 17 Sep 2021 03:12
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18126

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.