Pengurangan Timbal Di Dalam Limbah Cair Industri Pulp and Paper Menggunakan Katalis Bekas Perengkahan Minyak Bumi PT Pertamina RU III

Fatimatuzzuhro, 122019043P (2021) Pengurangan Timbal Di Dalam Limbah Cair Industri Pulp and Paper Menggunakan Katalis Bekas Perengkahan Minyak Bumi PT Pertamina RU III. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122019043P_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122019043P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Logam Timbal (pb) adalah racun paling signifikan dari logam berat dalam bentuk anorganik yang diserap melalui konsumsi makanan,air serta inhalasi. Dampak utama yang serius atas kandungan timbal ini adalah efek teratogeniknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi penambahan katalis bekas perengkahan minyak bumi dari PT. Pertamina RU III, pengaruh variasi waktu pengadukan dan variasi kecepatan pengadukan terhadap kandungan timbal yang ada di dalam air limbah industri pulp and paper. Didapatkan dari hasil penelitian pengurangan kandungan timbal yang terbaik terjadi pada saat kondisi massa katalis 15 gr, waktu pengadukan 60 menit dan kecepatan pengadukan 120 rpm. Dimana kandungan timbal yang didapatkan sebesar 0,0069 mg/L.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Rifdah,M.T. 2. Netty Herawati,S.T.,M.T.
Uncontrolled Keywords: Katalis bekas,air limbah pulp and paper dan timbal
Subjects: Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Sep 2021 04:36
Last Modified: 15 Sep 2021 04:36
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18091

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.