PERAN HAKIM DAN HAK-HAK ANAK DALAM PROSES PEMERIKSAAN PERKARA PIDANA ANAK

AYU SRI RAHMAWATI, NIM. 502017060 (2021) PERAN HAKIM DAN HAK-HAK ANAK DALAM PROSES PEMERIKSAAN PERKARA PIDANA ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017060_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
502017060_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)

Abstract

Anak merupakan bagian dari generasi muda sebagai sumber daya manusia yang memerlukan pembinaan dan perlindungan sehingga di masa datang akan menjadi sumber daya potensial dalam mewujudkan cita-cita nasional. Untuk mengetahui dan menjelaskan peran hakim dalam proses pemeriksaan perkara pidana anak, dan juga untuk mengetahui dan memahami yang menjadi hak-hak anak dalam proses pemeriksaan perkara pidana anak. Berdasarkan hasil penelitian dipahami peran hakim dalam proses pemeriksaan perkara pidana anak adalah: (a) memperhatikan kepentingan terbaik bagi anak dan mengusahakan suasana kekeluargaan tetap berjalan, (b) mengupayakan pengalihan penyelesaian perkara anak dan proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana (diversi), (c) memerintahkan orang tua/wali atau pendamping, advokat atau pemberi bantuan hukum lainnya, dan pembimbing kemasyarakatan untuk mendampingi anak, (d) sebelum menjatuhkan putusan, hakim memberikan kesempatan kepada orang tua/wali dan/atau pendamping untuk mengemukakan hal yang bermanfaat bagi anak, (e) membacakan putusan pengadilan dilakukan dalam sidang terbuka untuk umum dan dapat tidak dihadiri oleh anak. Hak-hak anak dalam proses pemeriksaan perkara pidana anak adalah: (a) hak-hak anak dalam proses pemeriksaan penyidikan, (b) hak-hak anak dalam proses pemeriksaan penuntutan, (c) hak-hak anak dalam proses pemeriksaan peradilan, (d) hak-hak anak pada lembaga permasyarakatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Reny Okprianti, SH., M.Hum 2. Luil Maknun, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Peran hakim dalam proses perkara pidana anak
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:58
Last Modified: 07 Oct 2021 06:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18068

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.