KEKUATAN MENGIKAT SURAT WASIAT (TESTAMENT) YANG DIBUAT OLEH NOTARIS TERHADAP PEWARIS DAN AHLI WARIS

ALDI RIDWAN SAPUTRA, NIM. 502017006 (2021) KEKUATAN MENGIKAT SURAT WASIAT (TESTAMENT) YANG DIBUAT OLEH NOTARIS TERHADAP PEWARIS DAN AHLI WARIS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017006_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (678kB) | Preview
[img] Text
502017006_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)

Abstract

Yang dimaksud dengan surat wasiat (testament), menurut ketentuan Pasal 875 KUH Perdata adalah: “suatu akta yang berisi pernyataan seseorang tentang apa yang akan terjadi setelah ia meninggal dan yang olehnya dapat ditarik kembali. Untuk mengetahui dan menjelaskan kekuatan mengikat surat wasiat (testament) yang dibuat notaris terhadap pewaris dan ahli waris dan juga untuk mengetahui dan memahami tanggung jawab notaris dalam pembuatan surat wasiat (testament) terhadap pewaris dan ahli waris. Berdasarkan hasil penelitian dipahami adalah: (a) bagi pewaris apa yang dinyatakan dalam surat wasiat mengikat bagi dirinya untuk melakukan sesuatu dan untuk dilakukan sesuatu tentang harta kekayaannya setelah ia meninggal dunia, dengan asumsi bahwa ia mampu menentukan kemauannya secara bebas dan merdeka, dalam arti harus mempunyai daya pikir secara sehat serta tidak ada kekeliruan, paksaan maupun penipuan. (b) bagi masing-masing ahli waris dan bagiannya yang telah disebutkan di dalam akta tidak dapat diganggu gugat, dalam arti apa yang telah tertulis di dalam surat wasiat adalah benar dan mengikat secara hukum, dengan ketentuan bahwa ahli waris sudah ada pada saat meninggalnya pewaris, tentunya dengan mengindahkan Pasal 2 KUH Perdata. Tanggung jawab notaris dalam pembuatan surat wasiat (testament) terhadap pewaris dan ahli waris adalah: membayar ganti kerugian, bunga dan biaya kepada yang berkepentingan, apabila untuk itu terdapat alasan. Alasan tersebut terlebih dahulu harus dibuktikan; (1) adanya diderita kerugian, (2) bahwa antara kerugian yang diderita itu dan pelanggaran atau kelalaian dan notaris terdapat hubungan kausal, (3) bahwa pelanggaran atau kelalaian itu disebabkan kesalahan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada notaris yang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kekuatan mengikat surat wasiat (testament) yang dibuat notaris
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:00
Last Modified: 07 Oct 2021 07:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18065

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.