PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA ANAK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN

DIAN SUSANA, NIM. 502017124 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA ANAK MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 13 TAHUN 2003 TENTANG KETENAGAKERJAAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
502017124_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (924kB) | Preview
[img] Text
502017124_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)

Abstract

Ada dua wujud perlindungan hukum untuk pekerja anak di dalam Undang-undangNomor 13 Tahun 2003, yaitu pembatasan dan pelarangan. Pembatasan merupakan persyaratan yang dibebankan kepada pengusaha atau pihak-pihak tertentu jika ada pekerja anak, sedangkan pelarangan merupakan peniadaan hal-hal tertentu jika ada pekerja anak. Untuk mengetahui dan menjelaskan perlindungan hukum terhadap pekerja anak menurut undang-undang ketenagakerjaan, dan juga untuk mengetahui dan memahami hak-hak pekerja anak menurut undang-undang ketenagakerjaan. Berdasarkan hasil penelitian dipahami perlindungan hukum terhadap pekerja anak menurut undang-undang ketenagakerjaan adalah: harus ada izin tertulis dari orang tua atau walinya, hanya boleh melakukan pekerjaan ringan, waktu kerja maksimal 3 _tiga) jam perhari, harus ada jaminan kesehatan kerja, ada hubungan kerja yang jelas, menerima upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hak-hak pekerja anak menurut Undang-undang Ketenagakerjaan adalah hak kelangsungan hidup, hak atas perlindungan, hak untuk berkembang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH 2. Mona Wulandari, SH., MH
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum terhadap pekerja anak
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:01
Last Modified: 07 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18063

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.