PENGARUH PENGGUNAAN RESIDUE CATALITYC (RCC) SEBAGAI PENJERAP KADAR PEMURNIAN BIOETANOL

Deri Yulianzah, NIM. 122017066 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN RESIDUE CATALITYC (RCC) SEBAGAI PENJERAP KADAR PEMURNIAN BIOETANOL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122017066_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text
122017066_BAB II_SAMPAI_TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (845kB) | Request a copy

Abstract

Bioetanol dapat diproduksi melalui proses fermentasi dari tanaman penghasil karbohidrat dan gula. Salah satu bahan baku yang dapat digunakan untuk pembuatan bioetanol ini adalah kulit nanas.Penelitian ini dilakukan dengan maksud dan bertujuan untuk meningkatkan kemurnian kadar bioetanol. Bioetanol yang digunakan sebagai umpan yaitu Bioetanol dari kulit nanas dengan kadar 12%. Untuk mendapatkan kemumian bioetanol yang terbaik maka pada penelitian ini menggunakan tahapan proses Adsorpsi-DistilasiPada proses adsorpsi, jenis adsorbent yang digunakan untuk pemurnian bioetanol adalah RCC yang telah di aktivasisecarafisika.denganperbandinganpengaruh variasi berat RCC 2,5 gram, 7,5 gram, dan 12,5 gram yang kemudian dikombinasikan dengan variasi waktu lamanya distilasi 30 menit, 90 menit, dan 150 menit.Proses yang paling efektif untuk pemurnian dan kenaikan kadar etanol adalah Dari variasi berat RCC diperoleh kadar etanol yang paling tinggi yaitu sebesar 22% dengan kadar etanol awal sebesar 12% dan berat RCC yang digunakan sebanyak 12,5 gram. Untuk pengaruh waktu proses adsorpsi-distilasi terhadap kenaikan kadar etanol didapatkan variasi waktu yang paling efektifadalah selama 150 menit. dengan hasil pemurnian kadar etanol 24% dengan berat RCC yang digunakan sebanyak 10 gram. Kata Kunci :KulitNanas,Adsorben,Bioetanol,Katalis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1.Netty Herawati S.T,M.T 2.Ir. Rifdah M.T
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENGGUNAAN RESIDUE CATALITYC (RCC) SEBAGAI PENJERAP KADAR PEMURNIAN BIOETANOL
Subjects: Kimia > Bahan Kimia Organis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:05
Last Modified: 07 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/18052

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.