STUDI KORELASIONAL PENGUASAAN BILANGAN BULAT DAN BENTUK ALJABAR TERHADAP PENGUASAAN PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IX SMP NEGERI 3 MAKARTI JAYA

LIS SUNDARI, NIM. 332017001 (2021) STUDI KORELASIONAL PENGUASAAN BILANGAN BULAT DAN BENTUK ALJABAR TERHADAP PENGUASAAN PERPANGKATAN DAN BENTUK AKAR DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IX SMP NEGERI 3 MAKARTI JAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332017001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017001_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR(6).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Lis Sundari, 2021. Studi Korelasional Penguasaan Bilangan Bulat dan Bentuk Aljabar Terhadap Penguasaan Perpangkatan dan Bentuk Akar Dalam Mata Pelajaran Matematika Di Kelas IX SMP Negeri 3 Makarti Jaya.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1)Dr. H. A. Hussein Fattah, M.M (2)Luvi Antari, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci: bilangan bulat, bentuk aljabar, perpangkatan dan bentuk akar. Matematika merupakan ilmu yang tersusun secara bertahap dan berurutan serta saling berkaitan seperti penguasaan perpangkatan dan bentuk akar menggunakan penguasaan bilangan bulat dan bentuk aljabar. Untuk menyelesaikan perpangkatan dan bentuk akar penguasaan bilangan bulat dan bentuk aljabar. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes tertulis berupa soal-soal yang berbentuk pilihan ganda dengan sampel sebanyak 2 kelas. Hasil penelitiannya adalah (1) nilai rata-rata siswa pada ¯x_1=56,355, dengan simpangan baku s_1=13,455, pengujian t_hitung=1,401,t_tabel=1,6844, F_hitung=0,08,F_tabel=,08 karena t_hitung>t_tabeldan F_hitung>F_tabelsehingga H_0 ditolak dan H_α diterima. Ini berarti hipotesis dalam penelitian yang menyatakan “ada pengaruh penguasaan bilangan bulat dan bentuk aljabar terhadap penguasaan perpangkatan dan bentuk akardalam mata pelajaran matematika di kelas IX SMP Negeri 3 Makarti Jaya”. (2) nilai rata-rata siswa pada ¯x_2=50,98, dengan simpangan baku s_2=17,89 pengujian t_hitung=2,22,t_tabel=1,684,F_hitung=5,18,F_tabel=4,08, karena t_hitung>t_tabeldan F_hitung>F_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_α diterima. Ini berarti hipotesis dalam penelitian yang menyatakan “ada pengaruh penguasaan bilangan bulat dan bentuk aljabar terhadap penguasaan perpangkatan dan bentuk akardalam mata pelajaran matematika di kelas IX SMP Negeri 3 Makarti Jaya”. (3) nilai rata-rata siswa pada ¯y_3=68,83, dengan simpangan baku s_3=18,72, pengujian t_hitung= 5,84,t_tabel=1,684, F_hitung=3,99,F_tabel=3,24 karena t_hitung>t_tabeldan F_hitung>F_tabel sehingga H_0 ditolak dan H_α diterima. Ini berarti hipotesis dalam penelitian yang menyatakan “ada pengaruh penguasaan bilangan bulat dan bentuk aljabar terhadap penguasaan perpangkatan dan bentuk akardalam mata pelajaran matematika di kelas IX SMP Negeri 3 Makarti Jaya”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembeimbing : 1. Dr. H. A. Hussein Fattah.,M.M 2. Luvi Antari,S.Pd.,M.Pd
Uncontrolled Keywords: bilangan bulat, bentuk aljabar, perpangkatan dan bentuk akar
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:27
Last Modified: 14 Sep 2021 03:27
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17991

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.