PENGAMBILAN MINYAK BIJI ALPUKAT DENGAN METODE EKSTRAKSI

Roy Oktavianus, NIM. 122017015 (2021) PENGAMBILAN MINYAK BIJI ALPUKAT DENGAN METODE EKSTRAKSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122017015_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122017015_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (847kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Keterbatasan akan bahan baku untuk menghasilkan minyak yang dapat dikonversi menjadi bahan bakar alternatif pengganti minyak bumi menyebabkan berkembangnya penelitian untuk menjadikan minyak nabati sebagai bahan baku pengganti. Penelitian ini dilakukan untuk mencari tumbuhan yang berpotensi menghasilkan minyak yang dapat dijadikan bahan baku biodiesel salah satunya adalah biji alpukat. Bahan ini merupakan limbah yang biasa dibuang ketika orang telah memanfaatkan daging buah tersebut. Biji alpukat (Persea americana mill) dapat dijadikan sebagai sumberminyak nabati karena kandungan protein dan minyaknya yang cukup tinggi. Minyak biji alpukat diperoleh dengan cara ekstraksi menggunakan pelarut n-heksana. Heksana umumnya digunakan untuk mengekstrak minyak dari biji. Pada penelitian ini, minyak biji alpukat dihasilkan dengan metode ekstraksi menggunakan pelarut N-heksana dengan variabel operasi volume pelarut, dan waktu ekstraksi. Untuk mengetahui mutu minyak biji alpukat dilakukan analisa densitas, viskositas, %FFA. Hasil penelitian variable operasi volume pelarut Berat jenis yang dihasilkan adalah 0,863- 0,880 gr/ml, kandungan asam lemak bebas (%FFA) 0,88 – 1,05 %, nilai angka asam dan viskositas 5,2 – 6,4 cp. Hasil penelitian variable operasi waktu ekstraksi berat jenis yang dihasilkan adalah 0,870- 0,880 gr/ml, kandungan asam lemak bebas (%FFA) 0,97 – 1,1 %, nilai angka asam dan viskositas 6 – 6,5 cp. Kata kunci: ekstraksi, minyak biji alpukat, n-heksana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Robiah, M.T 2. Dr. Eko Ariyanto,S.T.,M.Chem
Uncontrolled Keywords: PENGAMBILAN MINYAK BIJI ALPUKAT DENGAN METODE EKSTRAKSI
Subjects: Kimia > Teknologi Minyak, Lemak, lilin dan Gas Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 27 Sep 2021 01:45
Last Modified: 27 Sep 2021 01:45
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17969

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.