PRODUKSI AIR BERSIH DARI LIMBAH CAIR INDUSTRI TEKSTIL ECO-PRINT DENGAN ALIRAN DEAD END MENGGUNAKAN MEMBRAN PVDF (POLYVINYLIDE FLOURIDE)

INTAN PANDINI, NIM.122017021 (2021) PRODUKSI AIR BERSIH DARI LIMBAH CAIR INDUSTRI TEKSTIL ECO-PRINT DENGAN ALIRAN DEAD END MENGGUNAKAN MEMBRAN PVDF (POLYVINYLIDE FLOURIDE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
122017021_BAB 1_ DAFTAR PUSTAKA(1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122017021_BAB II_ SAMPAI_ BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri batik merupakan salah satu industri kreatif yang memiliki potensi terus meningkat setiap tahun. Batik merupakan produksi tekstil yang dapat dijumpai di seluruh Indonesia, salah satunya dikota Sumatera Selatan yang terdapat Pengrajin Baju, Jumputan dan Eco-Print. Penghasil kain tradisional selain songket, sangat berkembang dengan pesat. Dikota Palembang, beberapa pengrajin kain tradisional banyak ditemukan antara lain, dikelurahan Tuan Kentang, Kelurahan Kertapati, Kelurahan Bukit Kecil, dimana EV Galeri Wong Kito yang menjadi tempat Penelitian ini. Pada penelitian ini metode yang dilakukan adalah memproduksi air bersih dari limbah cair industry tekstil eco-print dengan aliran deat and menggunakan membrane Polyvinilidene Flourinde, Variabel yang digunakan untuk diteliti adalah variasi waktu dan tekanan dimana waktunya 1 jam, 1,5 jam, 2 jam dan tekanan adalah 1,5 bar, 2 bar, 2,5 bar. Parameter yang akan diteliti adalah COD, BOD, Fe, pH, Warna dan NH3N. Hasil penelitian dengan kondisi terbaik memenuhi Kualitas SNI adalah Air Pencucian dibandingkan Air Pencelupan dimana air pencelupan eco-print masih banyak kandungan zat kimia dibandingkan air pencucian eco-print.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Ir. Erna Yuliwati,MT.,Ph.D 2. Dian Kharismadewi, ST., MT.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Air Bersih, Limbah Cair Eco-Print, Metode Aliran Deat And
Subjects: Kimia > Bioteknologi (Mikrobiologi dan Biokimia)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:07
Last Modified: 14 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17962

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.