RANCANG BANGUN MOLEN LISTRIK MINI MENGGUNAKAN MOTOR DC BERBASIS SOLAR CELL

NICCO KURNIAWAN, 132017029 (2021) RANCANG BANGUN MOLEN LISTRIK MINI MENGGUNAKAN MOTOR DC BERBASIS SOLAR CELL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
132017029_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text
132017029_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)

Abstract

Laporan akhir ini Rancang Bangun Molen Listrik Mini Menggunakan Motor DC Berbasis Solar Cell bertujuan untuk menemukan langkah-langkah dalam pembuatan alat produksi yang dapat membantu mempercepat proses pembuatan adukan material beton sehingga dapat meningkatkan efisien hasil dan waktu yang memiliki keseragaman. Pengumpulan data melalui metode pengamatan, metode wawancara dengan pembimbing, metode literature serta dokumentasi. Rancang bangun molen listrik mini dirancangkan dengan perencanaan juga menyesuaikan bentuk dan sistem kerja pada alat ini. Dalam proses pembuatan alat ini mengunakan mesin bor, mesin gerinda dan mesin las, kesimpulan alat ini dibuat untuk mempermudah pekerjaan seperti pembangunan skala rumah tangga. Alat ini masih terdapat beberapa kekurangan untuk itu perlu dilakukan pengembangan atau modifikasi agar fungsi alat ini lebih optimal. Berdasarkan hasil dari perancangan dan pengujian alat dengan tenaga motor listrik DC dibandingkan dengan secara manual maka dapat di simpulkan bahwa : Mesin molen cor ini adalah suatu mesin yang digunakan untuk mengaduk bahan coran. Mesin ini di gerakan oleh motor listrik DC (daya motor 350 Watt, tegangan 24 volt, putaran 2750 rpm) sumber penggerak melalui listrik yang dihasilkan dari panel surya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Eliza, M.T 2. Muhammad Hurairah, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Mesin molen, Motor DC, Solar cell, Pengaduk material beton
Subjects: Elektro > Elektromagnetik
Elektro > Pengujian dan Pengukuran Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Sep 2021 02:23
Last Modified: 15 Sep 2021 02:23
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17952

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.