ANALISIS ADSORBEN PENGOLAHAN AIR SUNGAI KELEKAR MENGGUNAKAN KARBON AKTIF SEKAM PADI DAN KULIT PISANG KEPOK

Laskar Jihad Putra Sembara, NIM. 122017044 (2021) ANALISIS ADSORBEN PENGOLAHAN AIR SUNGAI KELEKAR MENGGUNAKAN KARBON AKTIF SEKAM PADI DAN KULIT PISANG KEPOK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122017044_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
122017044_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB)

Abstract

Air merupakan zat penting kedua setelah oksigen. Air sungai adalah sumber daya alam yang menjadi kebutuhan mahluk hidup namun hingga kini banyak terjadi pencemaran yang diakibatkan oleh industry. Tinggi nya konsentrasi logam besi (Fe) di sepanjang aliran sungai kelekar di Kecamatan Prabumulih Timur, Kota Prabumulih diakibatkan dari pembuangan air limbah dari industry yang ada di Kota Prabumulih. Masyarakat yang berada di sekitaran sungai kelekar menggunakan air sungai untuk keperluan mandi dan mencuci. Maka diperlukan suatu cara untuk mengurangi pencemaran pada air sungai kelekar dengan menggunakan berbagai adsorben salah satunya penggunaan karbon aktif sekam padi dan kulit pisang kapok. Tujuan penelitian mengetahui bagaimana kualitas karbon aktif sekam padi dan kulit pisang kapok dengan variasi berat yang berbeda, mengetahui pengaruh keefektivitasan karbon aktif dari sekam padi dan kulit pisang kapok, mengetahui penurunan kadar besi (Fe), TSS, pH setelah dilakukan penyaringan dengan karbon aktif sekam padi dan kulit pisang kapok. Penelitian ini dilakukan dengan bahan baku, karbonisasi, aktivasi, dan penyerapan kadar air sungai dengan karbon aktif. Berdasarkan hasil penelitian karbon aktif sekam padi dan kulit pisang kapok dengan aktivator H3PO4 pada konsentrasi 0,1N 20% di dapat kan karbon aktif pisang kapok dengan massa 45 gr adalah yang terbaik dari nilai awal TSS 167,5 ppm mengalami penurunan menjadi 0,32 ppm, kadar besi (Fe) 0,87 ppm menjadi 0,08 ppm, sedangkan pH mengalami kenaikan dari 5,4 menjadi 7,30.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. Legiso, M.Si 2. Heni Juniar S.T,M.T
Uncontrolled Keywords: sekam padi,kulit pisang kepok, karbon aktif dan air sungai kelekar
Subjects: Kimia > Bahan Kimia Organis
Kimia > Teknologi Kimia
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:10
Last Modified: 13 Sep 2021 03:10
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17898

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.