Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Membantu Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V SD

IZA ZULPAH, NIM. 332017020 (2021) Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Membantu Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017020_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017020_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Zulpah, Iza. 2021. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Discovery Learning Untuk Membantu Kemampuan Penalaran Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Pada Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) Siswa Kelas V SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang: (I) Dr. Refi Elfira Yuliani S.Si., M.Pd., (II) Heru, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Modul, discovery learning, AKM. Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah bahan ajar yaitu modul matematika siswa berbasis discovery learning untuk siswa kelas V sekolah dasar dan mengetahui efek potensial dari penggunaan modul yang telah dikembangkan terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang diambil yaitu penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model 4-D yaitu define (tahap pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek dalam penelitian merupakan peserta didik kelas V SD Negeri 3 Mendo Barat dengan jumlah keseluruhan 22 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh modul matematika valid dan praktis. Kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli materi, media/tampilan modul, dan bahasa. modul matematika yang dikembangkan dinyatakan valid berdasarkan materi (aspek kelayakan isi aspek kelayakan penyajian, dan aspek penilaian discovery learning), media/tampilan modul (aspek kelayakan kegrafikan yang meliputi ukuran modul, desain sampul modul, dan desain isi modul), dan bahasa (aspek kelayakan kebahasaan). Kepraktisan terlihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji lapangan terbatas terhadap modul matematika yang dikembangkan. Berdasarkan hasil data analisis angket peserta didik pada uji lapangan terbatas, modul matematika berbasis discovery learning yang dikembangkan mendapatkan jumlah skor 442 dari skor keseluruhan 484, yang dipresentasikan menjadi 91,32% dan dapat dikategorikan bahwa modul matematika berbasis discovery learning yang dikembangkan praktis. Efek potensial dapat dilihat dari hasil tes akhir kemampuan peserta didik. Dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh bahwa rata-rata nilai akhir peserta didik yaitu 87,05 yang menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik termasuk dalam kategori baik sekali, maka dapat disimpulkan bahwa modul matematika berbasis discovery learning yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Dr. Refi Elfira Yuliani, S.Si., M.Pd. 2. Heru, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Modul, discovery learning, AKM.
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:33
Last Modified: 16 Sep 2021 06:33
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17804

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.