ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI PECAHAN DESIMAL DI KELAS V SD

GINA RANIA, NIM. 332017002 (2021) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI PECAHAN DESIMAL DI KELAS V SD. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
332017002_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017002_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rania, Gina. 2021. Analisis Miskonsepsi Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Operasi Pecahan Desimal di Kelas V SD. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Rusdy AS, M.Pd., (2) Amrina Rizta, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Operasi Pecahan Desimal. Pentingnya pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika terlihat dalam tujuan pembelajaran matematika. Namun dalam memahami konsep sering terjadinya miskonsepsi yang mengakibatkan siswa keliru memahami matematika yang mereka pelajari. Kenyataanya masih banyak siswa yang mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu Peneliti tertarik untuk mengetahui miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi pecahan desimal di Kelas V SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan tipe deskriptif kualitatif. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 02 Pemulutan sebanyak 60 siswa, dengan sampel penelitian sebanyak 19 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes uraian. Selanjutnya data yang didapatkan kemudian dianalisis untuk menentukan miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi pecahan desimal. Penelitian ini menunjukkan bahwa miskonsepsi siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi pecahan desimal dikategorikan tinggi dengan persentase 80,524%. Untuk persentase miskonsepsi pada operasi penjumlahan pecahan desimal sebesar 76,31% dikategorikan tinggi, persentase miskonsepsi pada operasi pengurangan pecahan desimal sebesar 73,68% dengan kategori tinggi, persentase miskonsepsi siswa pada materi operasi campuran sebesar 84,21% dikategorikan tinggi, persentase miskonsepsi siswa pada materi operasi perkalian pecahan desimal sebesar 81,58% dikategorikan tinggi, persentase miskonsepsi siswa pada materi operasi pembagian pecahan desimal sebesar 86,84% dikategorikan tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Rusdy AS, M.Pd. 2. Amrina Rizta, S.Si., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Miskonsepsi, Operasi Pecahan Desimal.
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 13 Sep 2021 04:00
Last Modified: 13 Sep 2021 04:00
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17782

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.