Variasi Konsentrasi Downhole Chemical Injection terhadap pertumbuhan scale pada sumur X struktur Bentayan Di PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba

ALMER SUDHIARTA, NIM. 122019042P (2021) Variasi Konsentrasi Downhole Chemical Injection terhadap pertumbuhan scale pada sumur X struktur Bentayan Di PT Pertamina EP Asset 1 Field Ramba. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah palembang.

[img]
Preview
Text
122019042P_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB) | Preview
[img] Text
12201904PP_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kegiatan produksi, suatu sumur minyak menghasilkan 3 jenis fluida yaitu air, minyak dan gas. Ketiga fluida tersebut mengalir dari reservoir menuju permukaan melalui peralatan subsurface (tubing, artificial lift) kemudian menuju keperalatan surface melalui flowline ke sistem pengumpul. Adanya berbagai gangguan pada proses ini dapat menghambat proses produksi, seperti terjadinya pengecilan inside diameter pipa yang disebabkan karena scale. Dosis Optimum ditentukan dari Scale remover dan scale inhibitor yang akan diinjeksikan dengan metode downhole chemical injection sebagai upaya pencegahan atau minimalisir agar scale tersebut tidak terbentuk. Diharapkan dengan adanya metode ini dapat membuat lifetime sumur menjadi lebih lama sehingga produksi dapat terjaga dan mengurangi loss production. Scale remover memiliki kemampuan yang baik dalam melarutkan scale, dengan konsentrasi optimum 1:10 dengan kekuatan pelarutan 50.28% selama 1 jam dengan kelarutan maksimal scale sebesar 4-4.5% dari total volume. 5.Konsentrasi optimum injeksi scale inhibitor adalah 35 ppm dengan scale growth sebesar 10.2536 mg/sqft/day. Dari saat dimulai injeksi sampai dengan selesai pengamatan sumur tidak mengalami mati karena permasalahan scale. Dengan injeksi scale inhibitor membuat lifetime sumur meningkat > 200%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Mardwita, M.T. 2. Ir. Ummi Kalsum, M.T.
Uncontrolled Keywords: Scale, Scale remover, Scale Inhibitor, Downhole injeksi , lifetime
Subjects: Kimia > Pabrik Kimia
Kimia > Teknologi Bahan Kimia Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 11 Sep 2021 04:01
Last Modified: 11 Sep 2021 04:01
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17769

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.