PERAN DAN UPAYA NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PENDIRIAN KOPERASI

RANDIKA ANGGHI PRATAMA, NIM: 502017167 (2021) PERAN DAN UPAYA NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PENDIRIAN KOPERASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017167_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017167_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

ABSTRAK PERAN DAN UPAYA NOTARIS DALAM PEMBUATAN AKTA PENDIRIAN KOPERASI OLEH RANDIKA ANGGHI PRATAMA Ditetapkan notaris sebagai pembuat akta koperasi, para notaris dituntut agar dapat menjalankan peranannya secara profesional sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang datang menghadap notaris untuk membuat akta koperasi. Untuk mengetahui dan menjelaskan peran notaris dalam pembuatan akta pendirian koperasi, dan juga untuk mengetahui dan memahami upaya notaris agar tidak keliru dalam pembuatan akta koperasi. Berdasarkan hasil penelitian dipahami peran notaris dalam pembuatan akta pendirian adalah: karena jabatannya sebagai pejabat umum yang mempunyai tugas pokok membuat akta otentik, sebagai bukti telah dilakukannya suatu perbuatan hukum tertentu dalam proses pendirian, perubahan anggaran dasar serta akta-akta lainnya yang terkait dengan kegiatan koperasi untuk dimohonkan pengesahannya kepada pejabat yang berwenang. Upaya notaris agar tidak keliru dalam membuat akta pendirian koperasi maka harus memenuhi persyaratan-persyaratan sebagai berikut: (a) notaris harus berwenang membuat akta koperasi sesuai dengan Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia Nomor: 98/KEP/M.KUKM/IX/2004 tentang notaris sebagai pembuat akta koperasi yaitu telah memiliki sertifikat tanda bukti telah mengikuti pembekalan di bidang perkoperasian yang ditandatangani oleh Menteri dan berwenang sesuai dengan Undang-undang Jabatan Notaris. (b) Akta itu harus dibuat sesuai dengan bentuk yang ditentukan oleh undang-undang dan harus memuat hal-hal yang telah ditentukan dalam Keputusan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia No: 98IKEP/M/KUKM/IX/2004 tentang notaris sebagai pembuat akta koperasi. Kata kunci: Kekuatan mengikat surat wasiat (testament) yang dibuat notaris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nur Husni Emilson, SH., Sp.N., MH Pembimbing II : Rusniati, SE., SH., MH
Uncontrolled Keywords: Kekuatan mengikat surat wasiat (testament) yang dibuat notaris
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:41
Last Modified: 13 Sep 2021 06:41
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17728

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.