PENGARUH WAKTU PENGADUKAN DAN JUMLAH KATALIS TERHADAP KONVERSI GLISEROL DARI BIODISEL MINYAK JELANTAH DENGAN KATALIS BUANGAN PROSES PERENGKAHAN MINYAK BUMI DI PERTAMINA

Ami Junia, NIM 122019044P (2021) PENGARUH WAKTU PENGADUKAN DAN JUMLAH KATALIS TERHADAP KONVERSI GLISEROL DARI BIODISEL MINYAK JELANTAH DENGAN KATALIS BUANGAN PROSES PERENGKAHAN MINYAK BUMI DI PERTAMINA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122019044P_BAB 1_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (988kB) | Preview
[img] Text
122019044P_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK. Gliserol memiliki tiga kelompok hidroksil yang bersifat hidrofilik dan higroskopik. Gliserol merupakan komponen yang menyusun berbagai macam lipid, termasuk trigliserida. Gliserol merupakan produk samping dari proses pembuatan biodiesel, gliserol didapatkan dengan mereaksikan trigliserida atau minyak tumbuhan dengan alkohol . Bahan baku yang digunakan yaitu minyak jelantah yang didapat dari penjual gorengan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh variasi waktu pengadukan dan jumlah katalis terhadap konversi gliserol menggunakan katalis RCC. Pada penelitian ini untuk mendapatkan konversi gliserol yaitu melalui 2 proses reaksi yaitu reaksi esterifikasi dan reaksi trans-esterifikasi. Tahap esterifikasi dilakukan untuk menurunkan kadar asam lemak bebas dalam minyak. Minyak diesterifikasi dengan methanol dengan katalisator H2SO4 ,lalu dipanaskan pada suhu 60 ºC dengan waktu reaksi 30 menit. Didapatkan Gliserol dari hasil esterifikasi lalu dilanjutkan ke tahap trans-esterifikasi dengan mereaksikan gliserol methanol dengan perbandingan reaksi 1:2 sedangkan katalis RCC yang digunakan bervariasi yaitu 1,7:1,9:2,1:2,3:2,5 gram. Serta lama waktu pengadukan yang digunakan yaitu 75,90,105 menit. Nilai konversi didapatkan dari data Analisa awal yaitu penetuan ekuivalen asam lemak total dan dilanjutkan dengan analia metode asetin. Dari penelitian didapatkan data konversi awal gliserol sebelum penambahan katalis RCC yaitu 34,6 %, sedangkan Dari hasil penelitian didapatkan pada variasi waktu pengadukan terhadap jumlah katalis RCC didapat Konversi terbesar yaitu 52,3 % pada kondisi optimum pada waktu 105 menit dan jumlah katalis 2,1 gram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr.Ir. Kgs. A. Roni, M.T., IPM 2 : Heni Juniar, S.T., M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Gliserol, Zeolit Kristalin, Minyak jelantah
Subjects: Kimia > Teknologi Minyak, Lemak, lilin dan Gas Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:48
Last Modified: 10 Sep 2021 02:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17694

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.