PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA KEPOLISIAN DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR BANYUASIN

MIA ANJELINA, NIM. 502016295 (2021) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA KEPOLISIAN DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR BANYUASIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502016295_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502016295_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (786kB)

Abstract

ABSTRAK PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA YANG DILAKUKAN OLEH ANGGOTA KEPOLISIAN DI WILAYAH KEPOLISIAN RESOR BANYUASIN Oleh: Mia Anjelina Penyalahgunaan dan peredaran Narkotika sudah merambah sampai kesemua kalangan menjadi korban. Tidak hanya masyarakat atau remaja biasa saja yang telah menjadi korban penyalahgunaan narkotika, bahkan aparat kepolisian yang notabene merupakan penegak hukum yang seharusnya memberantas peredaran gelap Narkotika justru ikut bergabung. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui (1) penegakan hukum terhadap tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang dilakukan anggota Polisi dan (2) saksi apa yang di berikan atas penyalahgunaan narkotika yang dilakukan anggota Polisi. Jenis penelitian adalah hukum empiris dengan pendekatan perundang-undangan, konsep, dan sosiologis, sedangkan teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelitian pertama Proses penegakan hukum tindak pidana penyalahgunaan narkotika yang dilakukan oleh anggota kepolisian di Polres wilayah Banyuasin dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, di mana dalam proses penegakan baik yang dilakukan di tingkat kepolisian (tahap penyelidikan dan penyidikan), di tingkat kejaksaan (tahap penuntutan) sampai di tingkat peradilan (putusan hakim). Selain itu juga proses penegakan kode etik profesi kepolisian terhadap anggota kepolisian yang terjerat kasus pidana penyalahgunaan narkotika akan diperiksa dan bila terbukti akan dijatuhi sanksi.. Kata Kunci: Penegakan Hukum, Penyalahgunaan Narkotika, Anggota Polri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Reny Okprianti, SH., M.Hum Pembimbing 2 : Hendri S, SH., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Penegakan Hukum, Penyalahgunaan Narkotika, Anggota Polri
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Pidana
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 22 Sep 2021 04:18
Last Modified: 22 Sep 2021 04:18
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17670

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.