PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JURNALIS WARGA (CITIZEN JOURNALISM)

MARTHA GAZALI, NIM. 502017419 (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JURNALIS WARGA (CITIZEN JOURNALISM). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017419_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
502017419_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)

Abstract

ABSTRAK PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JURNALIS WARGA (CITIZEN JOURNALISM) MARTHA GAZALI Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimanakah perumusan karya jurnalistik yang dianggap melawan hukum? 2. Bagaimanakah bentuk kesalahan pemberitaan yang dilakukan oleh jurnalis warga yang mencemarkan nama baik seseorang atau kelompok? Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk mengetahui perumusan karya jurnalistik yang dianggap melawan hukum dan perlindungan hukum terhadap jurnalis warga (citizen journalism), maka jenis penelitian ini adalah penelitian hukum normative yang bersifat deskriptif (menggambarkan), oleh karenanya tidak bermaksud untuk menguji hipotesa. Teknik pengumpulan data dititikberatkan kepada penelitian kepustakaan dengan cara mengkaji bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier. Teknik pengolahan data dilakukan dengan menerapkan cara analisis isi (Content Analisys) untuk selanjutnya dikonstruksikan ke dalam suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Perumusan karya jurnalistik yang dianggap melawan hukum adalah jika karya yang dihasilkan jurnalis itu isinya mengandung unsur tindak pidana dan dipublikasikan. Kelompok tindak pidana ini dikenal dengan istilah tindak pidana pers. Tindak pidana pers adalah sekelompok tindak pidana yang dilakukan dengan perbuatan mempublikasikan berita/informasi ke publik dengan menggunakan barang cetakan (tulisan). 2. Bagi jurnalis warga sebaiknya terlebih dahulu melakukan wawancara dengan subyek berita di samping sumber berita, karena informasi yang diberikan secara sepihak oleh nara sumber berita kebenarannya masih diragukan dan berita tersebut bisa disebut sebagai penghinaan atau fitnah, agar visi dan misinya terpenuhi sehingga media yang menyebarkan informasi mencerdaskan masyarakat dan tidak membodohi masyarakat. Kata Kunci : Perlindungan hukum terhadap Citizen journalism

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Luil Maknun, SH. MH. Pembimbing II : Mona Wulandari, SH. MH.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan hukum terhadap Citizen journalism
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 16 Sep 2021 06:28
Last Modified: 16 Sep 2021 06:28
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17666

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.