PENINGKATAN KADAR BIOETANOL DARI KULIT DURIAN PADA PROSES ADSORPSI-DISTILASI DENGAN PENAMBAHAN H2SO4 AKTIVASI KULIT KACANG TANAH SEBAGAI ADSORBEN ALAMI

IRMA KURNIA SARI, NIM.122017001 (2021) PENINGKATAN KADAR BIOETANOL DARI KULIT DURIAN PADA PROSES ADSORPSI-DISTILASI DENGAN PENAMBAHAN H2SO4 AKTIVASI KULIT KACANG TANAH SEBAGAI ADSORBEN ALAMI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122017001_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
122017001_ BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kadar bioetanol menggunakan metode Adsorpsi-Distilasi dengan kulit kacang tanah sebagai Adsorben Alami .Hasil dari fermentasi bioetanol yang telah dimurnikan dengan proses distilasi adalah bioetanol dengan kadar 18 % dan proses dilakukan pada temperature 80C selanjutnya dilakukan proses Adsorpsi dengan penambahan aktivasi kulit kacang tanah yaitu 2 gr,4 gr,6 gr,8 gr dan 10 gr yang telah teraktivasi dengan larutan H2SO4 0,05M kemudian dilakukan pengadukan.Selanjutnya bioethanol dan aktivasi kulit kacang tanah dipisahkan untuk mendapatkan bioetanol yang murni dan selanjutnya dianalisa kadar bioetanolnya menggunakan Refraktometer dengan pengukuran indeks bias dan menggunakan GC-MS.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kadar bioetanol dengan makin banyak adsorben yang ditambahkan. Hasil kadar bioetanol terbaik diperoleh pada penambahan berat adsorben 10 gr yaitu 31 % .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing :1.Dr.Ir.Marhaini,M.T 2.Ir.Dewi Fernianti,M.T
Uncontrolled Keywords: Bioetanol,Adsorpsi-Distilasi,Aktivasi Kulit Kacang Tanah
Subjects: Kimia > Teknologi Bahan Peledak, Bahan Bakar
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:38
Last Modified: 10 Sep 2021 02:38
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17665

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.