PENINGKATAN KADAR BIOETANOL DARI BIJI ALPUKAT MENGGUNAKAN ADSORBENT AMPAS TEH

AYU SRIWAHYUNI, NIM.122017027 (2021) PENINGKATAN KADAR BIOETANOL DARI BIJI ALPUKAT MENGGUNAKAN ADSORBENT AMPAS TEH. Skripsi thesis, Universitas Muhammmadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
122017027_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
122017027_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Bioetanol merupakan senyawa alkohol yang di peroleh dengan proses fermentasi biomassa dengan bantuan mikroorganisme Saccharomyces cerevicae. Akan tetapi untuk menghasilkan bioetanol saja tidak cukup, diperlukan perlakuan khusus untuk menghasilkan kadar bioetanol yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu metode baru dengan nilai ekonomis yang tinggi dan lebih baik dalam peningkatan kadar bioetanol, salah satunya adalah peningkatan kadar bioetanol dengan menggunakan suatu adsorbent.Pada penelitian ini dilakukan peningkatan kadar bioetanol menggunakan adsorbent ampas teh dengan metode Adsorpsi-Distilasi.dengan variasi ampas teh yaitu 2 gr, 4 gr, 6 gr ,8 gr dan 10 gr.Dari hasil penelitian didapatkan kadar optimum bioetanol dengan berat ampas teh 10 gram, suhu proses 80℃ kadar etanol yang dihasilkan setelah proses adsorpsi-distilasi sebesar 28% dan kadar minimum yang didapat setelah proses adsorpsi-distilasi dengan berat ampas teh 2 gram sebesar 13% dari kadar sebelum ditambah adsorbent sebesar 11,5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1.Dr.Mardwita,S.T,M.T 2.Dr. Ir. Marhaini M.T
Uncontrolled Keywords: Bioetanol, Adsorpsi-Distilasi, Ampas Teh
Subjects: Kimia > Teknologi Bahan Peledak, Bahan Bakar
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Kimia (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 10 Sep 2021 02:37
Last Modified: 10 Sep 2021 02:37
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17660

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.