PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Aprizal, NIM. 332017007 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING UNTUK MATERI PENYAJIAN DATA DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017007_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
332017007_BAB II_SAMAPI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Aprizal 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan iSpring Untuk Materi Penyajian Data Di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Program Sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing : (1) Drs. Sunardi, M.Pd., (2) Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, media pembelajaran interaktif, android, iSpring. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis android untuk materi penyajian data dikelas VII Sekolah Menengah Pertama yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian pengembangan (Development Research). Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas 7 SMP Negeri 15 Palembang yang berjumlah 35 orang siswa. Berdasarkan hasil Penelitian diperoleh bahwa media yang dikembangkan valid, praktis dan memiliki efek potensial. kevalidan terlihat dari hasil penilaian para ahli (materi, media, dan bahasa) yang mendaptkan akumulasi skor sebanyak 155 dari skor maksimal 168 dengan hasil persentase sebesar 92,26%. Di tahap one to one juga dinyatakan valid dilihat dari hasil angket yang telah diisi oleh siswa dimana diperoleh skor sebanyak 52 dari skor maksimal yaitu 60 dengan hasil presentase sebesar 86,66 %. Kepraktisan media pembelajaran yang telah dikembangkan dilihat dari uji coba pada tahap small group, berdasarkan data hasil analisis angket siswa pada tahap small group media mendapatkan skor sebanyak 286 dari skor maksimal yaitu 300 dengan hasil presentase sebesar 95,33 %. dan dapat dikategorikan bahwa media yang dikembangkan praktis. Efek potensial dilihat dari hasil tes kemampuan akhir siswa. Dari hasil analisis yang telah dilakukan bahwa rata – rata nilai akhir siswa yaitu 72,85 yang berarti hasil belajar siswa tergolong ketegori baik, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajan interaktif telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Pd 2. Rieno Septra Nery, S.Si., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, media pembelajaran interaktif, android, iSpring.
Subjects: Matematika > Matematika Statistik
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:19
Last Modified: 08 Oct 2021 01:19
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17645

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.