ANALISA KARAKTERISTIK CURAH HUJAN DI WILAYAH KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR

MUHAMMAD HASAN ZEN, NIM.112016161 (2021) ANALISA KARAKTERISTIK CURAH HUJAN DI WILAYAH KECAMATAN KAYUAGUNG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
Bab 1-Dapus (Muhammad Hasan Zen, Sipil, 112016161).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
Bab 2-5 (Muhammad Hasan Zen, Sipil, 112016161).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perubahan iklim pada suatu tempat atau daerah memiliki potensi untuk mempengaruhi standar rancangan bangunan yang ada. Iklim di Kayuagung, tergolong tropis basah dengan karakteristik hujan yang salah satunya menunjukan intensitas seberapa besar atau ekstrimnya hujan pada tiap tahunnya. Pertumbuhan penduduk yang meningkat membuat lahan yang menjadi resapan air menjadi berkurang. Penelitian ini dilakukan diwilayah Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. Maksud dari penelitian ini yaitu menganalisa karakteristik curah hujan dan desain saluran drainase. Tujuan penelitian ini adalah guna mengetahui intensitas hujan, durasi, dan frekuensi hujan untuk perencanaan bidang sumber daya air, seperti drainase. Hasil dari Analisa dan perhitungan diperoleh frekuensi hujan dengan kata lain hujan ekstrim dengan kala ulang 5 tahun sebesar 126,95 mm, dan intensitas curah hujan sebesar 44,010 mm/jam, hal tersebut menunjukan bahwasannya keadaan curah hujan sangat lebat yang menunjukan kondisi hujan seperti ditumpahkan, saluran dan drainase meluap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. IR.H SUDIRMAN KIMI,M.T 2. IR.HJ NURNILAM OEMIATI,M.T
Uncontrolled Keywords: Hidrologi, Intensitas Hujan, Analisa Karakteristik Curah Hujan.
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Hidraulis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:07
Last Modified: 15 Sep 2021 03:07
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17608

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.