ANALISA FAKTOR KEHILANGAN ENERGI PADA JARINGAN DISTRIBUSI PIPA AIR BERSIH DARI IPA BORANG SAMPAI ZONA BORANG KANAN KOTA PALEMBANG

Indah Tri Afrilia, NIM. 112017203 (2021) ANALISA FAKTOR KEHILANGAN ENERGI PADA JARINGAN DISTRIBUSI PIPA AIR BERSIH DARI IPA BORANG SAMPAI ZONA BORANG KANAN KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
112017203_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
112017203_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam pemenuhan kebutuhan air bersih di PDAM IPA Borang khususnya Zona Borang Kanan Kota Palembang, masyarakat sangat membutuhkan pasokan air bersih yang cukup. Sehingga masyarakat sangat mengandalkan PDAM IPA Borang untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Dalam penelitian ini penulis menganalisa faktor kehilangan energi pada jaringan distribusi pipa air bersih dari PDAM IPA Borang sampai Zona Borang Kanan, faktor-faktor yang mempengaruhi kehilangan energi pada jaringan distribusi pipa diantaranya debit aliran, kecepatan aliran, sudut belokan pipa, gesekan pada pipa, dan perubahan penampang pipa. Hasil dari perhitungan yang didapat bahwa total kehilangan energi terbesar berada pada ruas pipa C-F sebesar 6,47568 m, pipa Ø6 inci dengan kecepatan 1,92453 m/dtk dan total kehilangan energi terkecil berada pada ruas pipa J-K sebesar 0,000006 m, pipa Ø12 inci dengan kecepatan 0,01158 m/dtk. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak hanya banyaknya belokan, perubahan penampang serta panjang pipa yang mempengaruhi faktor kehilangan energi, kecepatan aliran juga merupakan faktor dari hilangnya energi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Ir. H. Sudirman Kimi, M.T. 2. Mira Setiawati, S.T., M.T.
Uncontrolled Keywords: PDAM IPA Borang, Kehilangan Energi, dan Hasil Analisa
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Hidraulis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Fakultas Teknik
Date Deposited: 09 Sep 2021 07:48
Last Modified: 09 Sep 2021 07:48
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17595

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.