ANALISA KECEPATAN ALIRAN SUNGAI YANG MENYEBABKAN GERUSAN TANAH PADA LERENG SUNGAI OGAN DESA KASIH RAJA KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR

SELVIA, NIM. 112017216 (2021) ANALISA KECEPATAN ALIRAN SUNGAI YANG MENYEBABKAN GERUSAN TANAH PADA LERENG SUNGAI OGAN DESA KASIH RAJA KECAMATAN LUBUK KELIAT KABUPATEN OGAN ILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
112017216_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text
112017216_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sungai sebagai salah satu badan air sangat penting untuk memenuhi berbagai kebutuhan manusia, dan perlu mendapat perhatian agar tetap dapat berfungsi sebagaimana mestinya, Kabupaten OI merupakan salah satu Kabupaten di Sumatera Selatan. Kabupaten OI memiliki sungai yang terkenal dan mengalir kebeberapa kecamatan, sungai tersebut yaitu sungai Ogan, panjang sungai Ogan 170 Km dan lebar 211 meter luas daerah aliran sungai 4280,84 km2, sehingga masyarakat menggunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Adapun di sepanjang tepi sungai ogan kasih raja merupakan Jalan dimana sebagai jalan utama masyarakat. Gerusan atau longsor adalah proses pelepasan masa tanah secara alami dari satu tempat ke tempat lain oleh suatu tenaga yang bergerak di atas permukaan bumi. Besarnya gerusan dipengaruhi oleh besarnya air yang mengalir dimana sedimen di transport lebih besar dari sedimen yang di suplai. Gerusan akan semakin besar jika kecepatan dan jumlah air semakin besar. Gerusan juga akan semakin besar jika gradient (kemiringan) lereng juga besar. Hasil perbandingan antara kecepatan aliran pada pengukuran di lapangan , perhitungan menggunakan rumus manning dan berdasarkan tabel kecepatan komponen rata-rata, didapat hasil kecepatan lapangan 0,694444 meter/detik lebih kecil dari kecepatan perhitungan 0,79391 m/det lebih besar dari kecepatan komponen 0,7 m/det maka didapat harga mudah tererosi atau tergerus pada kedalaman 6 meter. Hasil perhitungan stabilitas lereng dengan menggunakan metode fellenius (1927) hasil yang didapat tidak memenuhi syarat dimana di dapat nilai SF= 0,9952756097 < 1,5 (lereng tidak stabil).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1 : Ir.H. Sudirman Kimi,M.T pembimbing 2 : Ir.Hj. Nurnilam Oemiati,M.T
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Sungai Ogan Kabupaten Ogan Ilir, Gerusan, Analisa
Subjects: Teknik Sipil > Teknik Hidraulis
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Teknik
Date Deposited: 08 Oct 2021 01:43
Last Modified: 08 Oct 2021 01:43
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17562

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.