PERANAN DAN HAMBATAN YANG DIHADAPI DINAS TENAGA KERJA KOTA PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEKERJA DI KOTA PALEMBANG

SYAPRIL, NIM: 502017223 (2021) PERANAN DAN HAMBATAN YANG DIHADAPI DINAS TENAGA KERJA KOTA PALEMBANG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN PEKERJA DI KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
502017233_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
502017233_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK PERANAN DAN HAMBATAN YANG DIHADAPT DINAS TENAGA KERJA KOTA PALEMBANG DALAM MENLNGKATKAN KESEJAHTERAAN PEKERJA DI KOTA PALEMBANG Oleh SYAPRIL Pekerja / buruh sebagai warga negara mempunyai persamaan kedudukan dalam hukum, hak untuk mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak, mengeluarkan pendapat, berkumpul dalam organisasi, serta mendirikan dan menjadi anggota serikat pekerja / serikat buruh. Serikat pekerja / serikat buruh berfungsi sebagai sarana untuk memperjuangkan, melindungi dan membela kepentingan dan meningkatkan kesejahteraan pekerja / buruh dan keluarganya. Selaras dengan tujuan yang bermaksud untuk menelusuri prinsip-prinsip hukum dan sistematika hukum, terutama yang bersangkut paut dengan peranan dan Dinas Tenaga Kerja dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja, maka jenis penelitian mi tergolong penelitian hukum sosiologis yang bersifat deskriptif, sehingga tidak bermaksud menguji hipotesa. Teknik pengumpulan data sekunder dititikberatkan pada penelitian kepustakaan (library research) dengan cam mengkaji peraturan perundangan yang berlaku dan pendapat para ahli yang relevan. Untuk memecahkan suatu permasalahan Bagaimanakah peranan Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang dalam meningkatkan Kesejahteraan Pekerja Di Kota Palembang dilakukan Melakukan pembinaan atau bimbingan ke perusahaan tentang betapa pentingnya usaha kesejahteraan pekerja oleh perusahaan dengan menyediakan fasilitas dan Hambatan Dinas Tenaga Kerja Kota Palembang dalam meningkatkan Kesejahteraan Pekerja di Kota Palembang Sebagian besar pekerja/ buruh di Kota Sebagian besar perusahaan di Kota Palembang jarang mendaftarkan dininya/ mengembalikan formulir/ cenderung tidak benar-benar melaksanakan / belum menyediakan fasilitas kesejahteraan pekerja, Perjanjian Kerja banyak dibuat secara sepihak oleh perusahaan yang menguntungkan pihak perusahaan dan banyak perusahaan yang membayar upah pekerja tidak sesuai dengan haknya dan Sebagian Perusahaan jarang melakukan tugasnya untuk memeriksa/ dan membentuk P2K3 (Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Kata Kunci: Pekerja/buruh, Kesejahteraan dan Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : M. Soleh Idrus, S.H, M.S Pembimbing II : Helwan Kasra, S.H., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Pekerja/buruh, Kesejahteraan dan Perusahaan
Subjects: Ilmu Hukum > Hukum Perdata
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Hukum
Date Deposited: 13 Sep 2021 06:40
Last Modified: 13 Sep 2021 06:40
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.