Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Imunisasi Lanjutan Pada Anak Dari Ibu Pekerja Buruh Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kenten Laut Banyuasin

Meri Oktarina, NIM.702017084 (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Imunisasi Lanjutan Pada Anak Dari Ibu Pekerja Buruh Di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Kenten Laut Banyuasin. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
702017084_BAB I_ DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (811kB) | Preview
[img] Text
702017084 _BAB II_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy

Abstract

Imunisasi merupakan cara untuk membentuk atau meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Seseorang yang mendapatkan imunisasi berarti telah diberikan kekebalan terhadap suatu penyakit tertentu, sehingga apabila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. Menurut data rekapitulasi Cakupan Imunisasi diwilayah Sumatra Selatan, cakupan imunisasi lanjutan terendah yaitu berada diwilayah kerja puskesmas Banyuasin dengan angka 20,3% untuk imunisasi pentavalen dan 22,9% untuk imunisasi campak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelengkapan imunisasi lanjutan pada anak dari ibu pekerja buruh di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kenten Laut Banyuasin. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional (potong lintang). Pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan Populasi dari penelitian ini adalah ibu pekerja buruh yang memiliki anak telah melakukan imunisasi lanjutan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kenten Laut Banyuasin didapatkan 105 sampel, data didapatkan dengan menggunakan kuisioner dan dianalisis secara univariat dan bivariat. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan sebanyak 95 responden (90,5%) memiliki status imunisasi lanjutan pada anak dengan ibu pekerja buruh usia 18 bulan-5 tahun lengkap dan terdapat 10 responden (9,5%) dengan status imunisasi lanjutan pada anak dengan ibu pekerja buruh usia 18 bulan-2 tahun yang tidak lengkap. Responden sebagian besar memiliki sikap yang positif tentang imunisasi dengan status kelengkapan imunisasi lanjutan yang lengkap yaitu sebanyak 89 (84,8%) responden dengan p value 0,000. Responden sebagian besar memiliki pendidikan lanjut yaitu sebanyak 87 (82,9%) responden dengan p value 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1.dr.Liza Chairani,Sp.A.,M.Kes 2.dr.Budi Utama,M.Biomed
Uncontrolled Keywords: Imunisasi, Pendidikan Ibu, Sikap Ibu
Subjects: Pendidikan Kedokteran > Ilmu Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Kedokteran
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:03
Last Modified: 07 Sep 2021 03:03
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17437

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.