PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN TAMAN BUKIT SIGUNTANG KOTA PALEMBANG

ADI SAPUTRA, NIM. 452015021 (2021) PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP PENGEMBANGAN EKOWISATA DI KAWASAN TAMAN BUKIT SIGUNTANG KOTA PALEMBANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
452015021_BAB I_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
452015021_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ADI SAPUTRA, “Partisipasi Masyarakat Terhadap Pengembangan Ekowisata Di Kawasan Taman Bukit Siguntang Kota Palembang” (dibimbing oleh ASVIC HELIDA dan SASUA HUSTATI SYACHRONI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran serta masyarakat terhadap ekowisata di Taman Bukit Siguntang. Waktu pelaksanaan penelitian pada bulan Agustus – September 2020. Penelitian ini adalah penelitian peluang (opportunities), dan kualitatif data diambil dengan metode “swot” atau ancaman (threaths), kekuatan, (strengths), dan kelemahan (weaknesse) diperoleh dari lingkungan dalam pengelolaan dan pemanfaatan ekosistem di wilayah kajian. Hasil penelitian diperoleh, bahwa partisipasi masyarakat sangat berperan untuk berdirinya tempat wisata ini. Berawal dari pengusulan kebijakan dan pengharapan dari masyarakat, untuk meningkatkan pendapatan perekonominya sebagian masyarakat yang bisa turut bekerja melalui kegiatan partisipasi masyarakat terhadap pengembangan ekowisata. Taman Bukit Siguntang termasuk salah satu objek wisata yang baik wisata alam maupun wisata budaya, serta peninggalan sejarah. Jika dikelola dengan baik maka akan dapat memberikan kontribusi dan dampak positif yang sangat besar terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar. Partisipasi masyarakat terhadap kegiatan pengembangan ekowisata adalah di bidang sarana dan prasarana, karena banyak hal yang sangat berpengaruh besar bagi masyarakat sekitar. Pengelolaan Taman Bukit Siguntang sebagian besar dilibatkan dari segi tenaga dan segi gagasan, karena ide masih kurang dikarenakan pendidikan, jadi faktor yang berpengaruh dalam peran masyarakat dalam pengelolah Taman Bukit Siguntang yaitu masih kekurangan pemandu wisata dan ahli arkelogi, banyak yang harus diperbaiki dalam proses pengelolahan Taman Bukit Siguntang yaitu kurangnya promosi dan memperdayaan masyarakat lokal. Karena banyak wisatawan luar kota dan daerah tidak mengetahui adanya tempat distinasi Taman Bukit Siguntang padahal tempat tersebut kondisinya masih alami dan menyimpan sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing, 1. Dr. Asvic Helida, S.Hut., M.Sc. 2. Sasua Hustati Syachroni, SP. M.Si
Subjects: Kehutanan > ilmu kehutanan dan etika lingkungan
Kehutanan > pengembangan wilayah
Divisions: Fakultas Pertanian > Kehutanan (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Pertanian
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:04
Last Modified: 20 Dec 2021 07:06
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17434

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.