ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL DITINJAU DARI RANAH KOGNITIF DAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KELUANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021

Indri Diansari, NIM. 332017013 (2021) ANALISIS SOAL MATEMATIKA UJIAN AKHIR SEMESTER GANJIL DITINJAU DARI RANAH KOGNITIF DAN KEMAMPUAN SISWA MENYELESAIKANNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 KELUANG TAHUN PELAJARAN 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Palembang.

[img]
Preview
Text
332017013_BAB I_DAFTAR_PUSTAKA..pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
332017013_BAB II_SAMPAI_BAB TERAKHIR...pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Indri Diansari, 2021. Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau dari Ranah Kognitif dan Kemampuan Siswa Menyelesaikannya Di Kelas VII SMP Negeri 4 Keluang Tahun Pelajaran 2020-2021. SKRIPSI, Program Studi Pendidikan Matematika, Program sarjana (S1) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palembang. Pembimbing: (1) Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd., (2) Muslimin, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Ranah kognitf, Ujian Akhir Semester (UAS) Berdasarkan informasi yang diperoleh dari salah satu guru mata pelajaran matematika di SMP Negeri 4 Keluang menyatakan bahwa dalam penyusunan soal tes guru belum menganalisis soal-soal yang telah digunakan pada tes Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun Ujian Akhir Semester (UAS) serta belum memperhatikan aspek kognitif C1 sampai C6 dan hasil Ujian Akhir Semester (UAS) mata pelajaran matematika kelas VII SMP hasilnya tidak memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Ranah kognitif berorientasi pada kemampuan berpikir siswa berkenaan dengan hasil belajar intelektual yang mencakup enam tingkatan yaitu pengetahuan (knowledge)/C1, pemahaman (comprehension)/C2, penerapan (application)/C3, analisis (analysis)/C4, sistesis (synthesis)/C5, evaluasi (evaluation)/C6. Maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Analisis Soal Matematika Ujian Akhir Semester Ganjil Ditinjau dari Ranah Kognitif dan Kemampuan Siswa Menyelesaikannya di Kelas VII SMP Negeri 4 Keluang Tahun Pelajaran 2020-2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorisasikan tingkatan ranah kognitif pada setiap soal matematika ujian akhir semester ganjil di kelas VII SMP Negeri 4 Keluang tahun pelajaran 2020-2021 dan untuk mengetahui kemampuan siswa menyelesaikan soal matematika ujian akhir semester ganjil ditinjau dari ranah kognitif di kelas VII SMP Negeri 4 Keluang tahun pelajaran 2020-2021, dengan cara menganalisis soal matematika Ujian Akhir Semester ganjil dan jawaban siswa. Jenis penelitian yaitu deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah lembar soal matematika Ujian Akhir Semester ganjil dan lembar jawaban siswa. Data dikumpulkan dengan melakukan dokumen berupa lembar soal matematika Ujian Akhir Semester ganjil dan lembar jawaban siswa. Setelah dilakukan analisis terhadap soal matematika Ujian Akhir Semester ganjil dan jawaban siswa, diperoleh (1) soal Ujian Akhir Semester ganjil berdasarkan ranah kognitif tingkat pengetahuan (knowledge)/C1 sebesar 10 %, pemahaman (comprehension)/C2 sebesar 70%, penerapan (application)/C3 sebesar 20%, analisis (analysis)/C4 sebesar 0%, sistesis (synthesis)/C5 sebesar 0%, evaluasi (evaluation)/C6 sebesar 0%. (2) Kemampuan siswa berdasarkan ranah kognitif dalam menyelesaikan soal UJian Akhir Semester (UAS) Ganjil pada kategori pengetahuan (knowledge)/C1 berkriteria baik, yaitu sebesar 74%, pemahaman (comprehension)/C2 berkriteria cukup, yaitu sebesar 50%, penerapan (application)/C3 berkriteria kurang, yaitu sebesar 36,35%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1 : Dr. H. Muslimin Tendri, M.Pd Pembimbing 2 : Muslimin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Ranah Kognitif, Ujian Akhir Semester (UAS)
Subjects: Matematika > Analisis
Divisions: Fakultas Ilmu Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Date Deposited: 06 Sep 2021 06:58
Last Modified: 06 Sep 2021 06:58
URI: http://repository.um-palembang.ac.id/id/eprint/17369

Actions (login required)

View Item View Item

is powered by EPrints 3 which is developed by the School of Electronics and Computer Science at the University of Southampton. More information and software credits.